Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Karpet

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 22 Agustus 2023
0 dilihat
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Karpet
Pastikan pilihan karpet juga dapat memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna ruangan. Selain itu, pilih tampilan karpet yang sesuai dengan selera. Foto: Interiordesaign.id

" Ruang tamu kerap berperan sebagai tempat berbagai kegiatan sosial yang ada di rumah. Area inilah yang mempertemukan penghuni dengan tamu yang datang berkunjung "

KENDARI, TELISIK.ID - Ruang tamu kerap berperan sebagai tempat berbagai kegiatan sosial yang ada di rumah. Area inilah yang mempertemukan penghuni dengan tamu yang datang berkunjung.

Kenyamanan pada ruang tamu dapat dihadirkan dengan memanfaatkan karpet khusus. Karpet ini harus nyaman, tahan lama, dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu, kehadirannya harus bisa memberikan warna pada ruangan.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat ingin menggunakan karpet di ruang tamu:

1. Tahan lama

Mengutip Kompas.com, ruang tamu kerap berperan sebagai wadah berbagai kegiatan sosial yang ada di rumah. Area inilah yang mempertemukan penghuni dengan tamu yang datang berkunjung.

Baca Juga: Tips Efektif Hilangkan Jerawat Batu di Wajah

Ruang tamu memiliki tugas penting dalam memperlihatkan citra yang dimiliki sebuah rumah, kenyamanan harus dimiliki area ini.

Kenyamanan pada ruang tamu dapat dihadirkan dengan memanfaatkan karpet khusus. Karpet ini haruslah lembut, nyaman, tahan lama, dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu, kehadirannya harus bisa memberikan warna pada ruangan.

2. Jenis serat

Serat karpet yang Anda pilih untuk lantai ruang tamu memengaruhi tampilan dan daya tahan karpet. Karpet yang terbuat dari serat nilon sangat tahan banting namun harus dirawat dengan pelindung noda.

3. Material karpet yang dirasa cocok

Dilansir dari Interiordesaign.id, berikut adalah beberapa pilihan material karpet yang bisa Anda pilih untuk area ruang tamu:

- Nylon: Material karpet yang masuk ke dalam kategori “kuat”, tetapi Anda harus mengaplikasikan pelapis anti noda secara berkala.

- Triextra: Tipe material karpet yang sebagian terbuat dari gula jagung. Ia cenderung anti noda dan tergolong kuat. Namun, ia tidak sepopuler nylon yang sudah lebih dulu dikenal di pasaran.

Baca Juga: 4 Cara Hilangkan Bau Ketiak

- Polyester: Material karpet satu ini juga anti noda dan nyaman saat dipijiak. Namun sayangnya, karpet polyester cenderung sulit untuk dibersihkan. Karpet ini memang nyaman untuk kaki Anda, tetapi tidak terlalu disarankan untuk area dengan lalu lintas tinggi.

- Olefin: Karpet ini cenderung terjangkau serta tahan pudar dan noda. Olefin memang tidak seawet nylon, tetapi ia merupakan opsi yang baik untuk area dengan lalu lintas tinggi.

4. Pilih warna sesuai

Memilih warna karpet memang merupakan sesuatu yang bersifat subjektif. Pastikan warna yang Anda pilih sesuai dengan preferensi personal dan gaya dekorasi ruang tamu. Selain itu, warna karpet Anda pun perlu bisa mengakomodir cahaya alami yang masuk ke dalam ruang tamu Anda. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga