Harga Beras Melonjak Jelang Nataru, Pemda Muna Barat Beri Subsidi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 11 Desember 2023
0 dilihat
Harga Beras Melonjak Jelang Nataru, Pemda Muna Barat Beri Subsidi
Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat meninjau harga beras di pasar. Foto: Ist.

" Jelang Natal dan tahun baru (nataru) 2024 harga beras melambung tinggi, pemerintah daerah Muna Barat berikan subsidi beras per kilo gram "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Jelang Natal dan tahun baru (nataru) 2024 harga beras melambung tinggi, pemerintah daerah Muna Barat berikan subsidi beras per kilo gram.

Diketahui, Indeks Harga Pangan di Muna Barat saat ini mencapai 3,44 persen sesuai data badan pusat statistik, dalam 3,44 persen itu ada beberapa komoditas sebagai penyumbang inflasi daerah, salah satunya beras yang mencapai 60 persen.

Kemudian saat ini harga beras di pasar mencapai angka Rp 13.400 per kilogram atau Rp 670.00 per karung. Olehnya itu pemerintah daerah melakukan subsidi sebesar Rp 2.500 per kilogram atau Rp 125.000 per karung.

Kepala BPS Muna, Leman Jaya mengatakan, saat ini pemerintah fokus mengetahui perkembangan harga sebab ini berhubungan dengan daya beli masyarakat yakni semakin tinggi inflasi maka daya beli masyarakat akan terus tergerus.

Baca Juga: Kerap Keluhkan Hasil Panen, Pemda Muna Barat Bantu Kelompok Tani

Leman katakan, saat ini inflasi dihitung pada 66 kabupaten/kota yang ada di Indonesia, untuk di Muna Barat pemerintah mempunyai indikator indeks perkembangan harga (IPH) dalam mengecek perkembangan harga, sebab Muna Barat tidak masuk dalam kategori hitungan inflasi di 66 kabupaten/kota.

"Untuk itu, dalam dua bulan terakhir ini IPH Muna Barat selalu di atas 3 persen," pungkasnya.

Untuk itu, dalam menekan angka inflasi pemda Muna Barat mengambil langkah konkrit memberikan subsidi ke masyarakat dengan skema distributor beras diberikan subsidi sebesar 2.500 per kilogram.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan ini sebagai upaya upaya konkrit pemerintah daerah dalam menekan angka inflasi, yakni per kilo gram beras disubsidi sebesar Rp 2.500, sehingga masyarakat nantinya membeli beras sesuai harga eceran tertinggi yakni Rp 10.900.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Buru Terduga Honorer Siluman

"Jadi masyarakat tetap membeli beras pada distributor yang telah ditunjuk dengan harga Rp 10.900 per kilogram atau Rp 545.000 per karung," ungkapnya, Senin (11/12/2023).

Kemudian ia menambahkan, jika ditemukan distributor yang menjual beras di atas harga Rp 10.900 per kilogram, maka ia meminta pada masyarakat untuk segera melapor pada Dinas Ketahanan Pangan, Babinkamtibmas, Babinsa atau pegawai pencacah yang telah ditunjuk.

Cara ini untuk mengantisipasi lonjakan harga menjelang nataru, kemudian pihaknya akan kembali memberikan subsidi agar inflasi daerah dapat ditekan

"Sepuluh hari sebelum tahun baru kita akan kembali memberikan subsidi lalu kita akan awasi dengan ketat agar tepat sasaran," pungkas Bahri. (B-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga