Harga Melambung Tinggi, Stok Beras di Jawa Timur Aman

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 07 September 2023
0 dilihat
Harga Melambung Tinggi, Stok Beras di Jawa Timur Aman
Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Jawa Timur Ermin Tora dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa melakukan pengecekan di gudang Bulog di Jawa Timur. Foto: Ist.

" Saat ini kondisi stok sangat cukup untuk pemenuhan beras bagi masyarakat di Jawa Timur hingga Desember 2023 "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Jawa Timur, Ermin Tora mengatakan, saat ini stok beras di Bulog Jawa Timur ada 200 ribu ton. Dan masih ada lagi tambahan sekitar 150 ribu ton, sehingga saat ini totalnya 350 ribu ton.

Pernyataan Ermin tersebut menjawab keresahan masyarakat atas tingginya harga beras di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

“Posisi stok 350 ribu ton ini menurut kami sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan yang ada di Jawa Timur. Termasuk kami juga nanti akan membantu untuk Bulog yang ada di luar Jawa Timur yakni di Pulau Kalimantan, Maluku, Papua dan Sulawesi,” katanya, Kamis (7/9/2023).

Menurut Ermin, saat ini kondisi stok sangat cukup untuk pemenuhan beras bagi masyarakat di Jawa Timur.

"Sehingga kami berharap ini bisa membuat pasar lebih tenang karena kondisi stok di Bulog cukup sampai dengan akhir Desember juga cukup, sampai awal tahun juga cukup,” jelasnya.

Baca Juga: Harga Beras Mahal di Sumatera Utara, Petani Didorong Tingkatan Hasil Panen

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, saat ini memang harga gabah kering panen (GKP) dan gabah kering giling (GKG) sedang mengalami kenaikan.

"Sehingga end produk yaitu beras di konsumen juga mengalami kenaikan," tegas Khofifah.

Sebagai langkah strategis untuk menangani masalah harga beras ini, lanjut dia, rencananya Bulog akan menyalurkan bantuan pangan beras kepada 3,4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Jawa Timur. Dimana setiap keluarga mendapatkan 10 kg beras per bulan selama 3 bulan sampai dengan Desember.

Baca Juga: Impor Beras Antisipasi El Nino, Rabi Gabah di Indonesia Harus Terjaga

“InsyaAllah ini akan menjadi bagian untuk penetrasi pasar yang cukup signifikan. Dan semua stok Bulog Jatim tadi saya tanya Pak Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Jatim untuk transportasi pengiriman juga sudah selesai sehingga sudah siap untuk dikirim,” katanya.

Khofifah mengatakan, pentingnya memperluas operasi pasar murah  ini penting sebagai upaya penetrasi pasar secara lebih komprehensif oleh seluruh elemen. Bukan hanya Bulog, bukan hanya Pemprov, tapi juga Pemkab, Pemkot maupun private sector.

“Karena memang kebutuhan rumah tangga yang paling signifikan untuk keluarga kelas menengah ke bawah itu adalah kebutuhan untuk memenuhi pangan dalam hal ini beras,” kata dia. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga