Harley Davidson Club Indonesia Kota Kendari Siap Perkenalkan Pariwisata

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 10 Oktober 2022
0 dilihat
Harley Davidson Club Indonesia Kota Kendari Siap Perkenalkan Pariwisata
Ketua HDCI Cabang Kota Kendari mengibarkan bendera HDCI saat pelantikan pengurus periode 2022-2025. Foto: Sumarlin/Telisik

" Sebelum dikukuhkan, sejumlah tour telah mereka lakukan baik di wilayah Sulawesi Tenggara hingga ke luar wilayah Sulawesi "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengurus Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Cabang Kota Kendari siap mempromosikan pariwisata Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara melalui kegiatan motor besar ke daerah lain di Indonesia.

Ketua HDCI Kota Kendari Agus Purwohidayat mengaku, sebelum dikukuhkan, sejumlah tour telah mereka lakukan baik di wilayah Sulawesi Tenggara hingga ke luar wilayah Sulawesi. Yang terakhir mereka touring wisata ke Yogyakarta. Rencananya, November mendatang HDCI Kota Kendari juga akan meramaikan kegiatan tour pahlawan HDCI di Kota Surabaya.

"Kita bisa membawa nama, bahwa Sulawesi Tenggara itu adalah tempat yang indah untuk riding khususnya teman-teman HDCI Pusat dan HDCI di kota lainnya," ungkap Agus Purwo usai pelantikan dan pengukuhan pengurus HDCI periode 2022-2025, Minggu (9/10/2022) malam.

Selain mempromosikan wisata lewat motor Harley atau motor gede (Moge), pengurus HDCI Kota Kendari juga akan terus mempererat persaudaraan antar sesama anggota club, termasuk bersinergi dengan pemerintah dan kembali mengaktifkan kegiatan sosial.

Wakil Ketua IDI Sulawesi Tenggara ini menambahkan, dalam menjalankan aktivitas berkendara, HDCI juga tetap mengutamakan keselamatan berkendara (safety riding) dan mematuhi aturan berlalu lintas.

Wakil Ketua HDCI Pusat Jefri Yujin, memberikan apresiasi pada HDCI Kota Kendari yang sudah bertahan hingga 12 tahun dengan berbagai kegiatannya. Saat ini di Indonesia telah terbentuk sebanyak 77 pengurus daerah maupun cabang. Untuk di Pulau Sulawesi baru terbentuk di Makassar, Kendari dan Manado.

Baca Juga: Kebijakan DTU 2 Persen di Kota Kendari Mulai Berjalan

Dari hasil pendataan melalui aplikasi digital, HDCI saat ini memiliki anggota sekira 3900 yang memiliki kartu anggota.

Dia meminta agar dalam menjalankan kegiatannya, HDCI tetap bersinergi dengan stakeholder, utamanya dalam membangkitkan UMKM.

Menurutnya, selain kegiatan bermotor HDCI juga fokus mendorong kegiatan-kegiatan kepariwisataan di daerah, membangkitkan UMKM dan juga kegiatan sosial seperti tanggap bencana nasional maupun lokal.

"Di seluruh Indonesia ini memang hanya ada dua tempat touring yang paling asik dan menarik yaitu di Sulawesi dan Nusa Tenggara, di sini asik karena tidak terlalu ramai dan makanannya enak," katanya, disambut tepuk tangan.

Dia juga mengakui, eksistensi HDCI menghidupkan kembali pariwisata Indonesia terlihat saat masa pandemi tahun 2021 dimana sekira 2500 anggota HDCI touring ke Bali mampu mengaktifkan sejumlah UMKM. Tahun 2022 ini sejumlah event telah digelar  termasuk tour pahlawan bulan November mendatang.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi yang hadir dalam pelantikan dan pengurus HDCI Kota Kendari mengatakan, perkembangan HDCI di Kota Kendari cukup pesat.

Gubernur mengenang di periode pertamanya bertugas di Sulawesi Tenggara, motor Harley Davidson hanya terdapat dua unit namun saat ini sudah terdapat puluhan di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: La Ode Abdul Aziz, Siswa SMAN 4 Kendari Peraih Medali Bidang Astronomi Tingkat Nasional

Dia juga berterima kasih karena Sulawesi Tenggara menjadi salah satu lokus kegiatan HDCI di tahun 2021 yang bisa membantu UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

"Saya menilai berbagai kegiatan kemanusiaan yang digelar HDCI yang dikemas dalam kegiatan Touring Indonesia sangat membantu perekonomian masyarakat dan memperkenalkan potensi daerah khususnya pariwisata Sulawesi Tenggara," ujar gubernur.

Gubernur mengaku, Pemda Sulawesi Tenggara siap bersinergi dengan HDCI untuk membantu perekonomian masyarakat agar kegiatan hobi ini bisa memberi manfaat lebih luas pada masyarakat. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga