Hasil Piala Dunia 2022: Belanda Pulang, Emiliano Martinez Jadi Pahlawan Argentina

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 10 Desember 2022
0 dilihat
Hasil Piala Dunia 2022: Belanda Pulang, Emiliano Martinez Jadi Pahlawan Argentina
Timnas Belanda menelan kekalahan atas Argentina lewat adu penalti 2-2 (3-4) di babak perempat final Piala Dunia 2022 yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12/2022). Foto: Repro AFP

" Argentina sukses menyingkirkan Belanda lewat adu penalti 2-2 (3-4) dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12/2022) "

QATAR, TELISIK.ID - Argentina sukses menyingkirkan Belanda lewat adu penalti 2-2 (3-4) dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12/2022).

Ditonton Telisik.id, sejak peluit babak pertama ditiup, kedua tim sudah menunjukkan permainan saling menekan. Argentina sempat mendapat peluang dari Lionel Messi saat melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti Belanda di menit ke-22. Namun, arah bola tendangan kaki kiri La Pulga masih jauh dari target.

Sebuah kerja sama dilakukan Steven Bergwijn dengan Memphis Depay pada menit ke-24. Bergwijn kemudian mencoba menuntaskannya dengan tembakan, namun arah bola melebar dari gawang Argentina.

Argentina berhasil memimpin 1-0 di menit ke-35 lewat Nahuel Molina. Gol itu terjadi berkat umpan terobosan Lionel Messi, yang kemudian dituntaskan Molina setelah lepas dari posisi offside.

Tertinggal 0-1, Belanda secara perlahan meningkatkan serangan. Ada dua tembakan bebas yang didapat. Bola sepakan bebas diarahkan langsung ke dalam kotak penalti Argentina, namun penyelesaian akhir masih buruk. Tak ada gol lagi sampai babak pertama tuntas. Argentina memimpin 1-0 atas Belanda.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Kroasia Singkirkan Brasil Lewat Pertandingan Dramatis

Belanda mencoba menyerang pada awal babak kedua. Maksud De Oranje menyamakan kedudukan bisa diredam Argentina.

Sebuah peluang terbuka bagi Argentina untuk mencetak gol kedua setelah Lionel Messi dijatuhkan di dekat kotak penalti pada menit ke-62. Eksekusi Messi masih di atas mistar gawang.

Wasit Antonio Mateu Lahoz menunjuk titik putih pada menit ke-72 karena Denzel Dumfries melanggar Marcos Acuna. Messi membuat Noppert terdiam, sementara bola meluncur keras ke arah kiri gawang. Argentina memimpin 2-0.

Tertinggal dua gol tak membuat Belanda menyerah begitu saja. Weghorst pun sukses mencetak gol pada menit ke-83 untuk memperkecil ketinggalan menjadi 1-2.

Sejumlah pertikaian antar pemain sempat mewarnai menit-menit akhir pertandingan. Duel kedua tim pun semakin memanas memasuki masa injury time.

Baca Juga: Atlet Bersaudara Raih Medali Emas dan Perunggu di Kejuaraan Karate Wali Kota Medan

Tepat sebelum injury time 10 menit berakhir, Belanda secara luar biasa sukses menyamakan skor lewat gol kedua Weghorst. Gol ini diawali dari skema tendangan bebas yang mengejutkan. Skor 2-2 menjadi hasil akhir pertandingan di waktu normal. Laga pun harus dilanjutkan ke babak extra time.

Tempo permainan kembali sedikit mengalami penurunan di babak extra time. Tak ada gol yang tercipta di sepanjang paruh pertama babak tambahan.

Memasuki paruh kedua, Argentina mencoba mengurung pertahanan Belanda untuk mencari gol kemenangan. Namun, skor 2-2 tetap tak berubah. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak adu penalti, Emiliano Martinez melakukan dua penyelamatan. Argentina pun menang dengan skor 4-3. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga