Hasil Piala Dunia 2022: Pembuktian Ronaldo Bawa Portugal Habisi Ghana

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 25 November 2022
0 dilihat
Hasil Piala Dunia 2022: Pembuktian Ronaldo Bawa Portugal Habisi Ghana
Portugal menghabisi Ghana 3-2 dalam pertandingan pertama Grup H di Stadium 947, Qatar, Kamis (24/11/2022) malam 23.50 Wita. Foto: Repro Twitter

" Portugal menghabisi Ghana 3-2 dalam pertandingan pertama Grup H di Stadium 947, Qatar, Kamis (24/11/2022) malam 23.50 Wita "

QATAR, TELISIK.ID - Portugal menghabisi Ghana 3-2 dalam pertandingan pertama Grup H di Stadium 947, Qatar, Kamis (24/11/2022) malam 23.50 Wita.

Duel sengit itu berlangsung sejak babak pertama. Portugal bermain agresif di menit awal dengan menurunkan Bernardo Silva, Joao Felix, dan Cristiano Ronaldo. Peluang pertama didapat pada menit ke-10.

Kesalahan oper pemain Ghana membuat bola jatuh di kaki Bernardo dan langsung mengirimkan umpan terobosan kepada Ronaldo, yang berlari ke kotak penalti.

Tapi, sentuhan pertama Ronaldo tidak bagus sehingga bola gagal disepak dengan baik dan mampu dihadang kiper Ghana Lawrence Ati-Zigi.  

Ronaldo sempat menggetarkan jala gawang Ghana di menit ke-31. Ia memenangkan duel menghadapi Alexander Djiku di kotak penalti. Posisinya lowong untuk menembak dan sukses menaklukkan Ati-Zigi.

Baca Juga: Cabor Dayung Sumbang Emas dan Perak Pertama Buat Muna

Sayangnya, wasit tidak mengesahkan gol itu karena Ronaldo dianggap melakukan pelanggaran terhadap Djiku. Hingga babak pertama usai, skor kacamata masih bertahan.

Memasuki babak kedua Ghana mulai mengubah taktik dengan menguasai bola. Namun sayang Portugal mendapat penalti di menit ke-65 ketika Ronaldo dijatuhkan Mohammed Salisu dalam duel di kotak terlarang. VAR sempat meninjau pelanggaran itu sebelum dinyatakan penalti dan Ronaldo dengan dingin menaklukkan Ati-Zigi, lewat sepakan ke pojok kiri gawang.

Keunggulan Portugal cuma bertahan delapan menit, karena Ghana menyamakan skor 1-1 di menit ke-73. Serangan dari sisi kiri yang diinisiasi Kudus mampu menembus pertahanan Portugal.

Kudus menggiring bola mendekati garis lapangan sebelum mengirimkan umpan tarik yang disontek Andre Ayew di depan gawang.

Portugal yang butuh kemenangan memasukkan Rafael Leao untuk menajamkan lini serang. Tapi, Joao Felix yang membawa Portugal unggul lagi di menit ke-78.

Bruno Fernandes mengirimkan umpan terobosan kepada Felix di sisi kanan yang berlari ke kotak penalti dan mencungkil bola melewati adangan Ati-Zigi.

Pemain AC Milan itu mencetak gol di menit ke-80 atau tiga menit setelah masuk. Fernandes memimpin serangan balik Portugal dan mengirimkan umpan ke sisi kiri yang ditempati Leao, yang menghujamkan bola ke tiang jauh.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Malam Ini, Beban Berat Ronaldo hingga Pelatih Brazil Berdoa di Masjid

Unggul 3-1 membuat Portugal lengah dan gawangnya kebobolan di menit ke-88 saat Osman Bukari memangkas selisih jadi satu gol. Bukari yang lepas dari kawalan Guerreiro mudah saja menanduk bola umpan silang dari sisi kiri.

Ghana yang berupaya menyamakan skor nyaris mendapatkannya di menit akhir. Diawali Diogo Costa yang hendak menendang bola di daerahnya, tidak melihat ada Williams di belakangnya.

Williams berhasil merebut bola yang bergulir dan berupaya mengirimnya ke ke gawang, namun disapu Danilo Pereira hingga Portugal menutup kemenangan 3-2 atas Ghana. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga