Hasil Survei Poltracking 10 Balon Gubernur, Pendatang Baru Bahtiar Bisa jadi Kuda Hitam di Pilgub Sulawesi Tenggara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 10 Juni 2024
0 dilihat
Hasil Survei Poltracking 10 Balon Gubernur, Pendatang Baru Bahtiar Bisa jadi Kuda Hitam di Pilgub Sulawesi Tenggara
Berlatar belakang akademisi, Dr Bahtiar bisa jadi kuda hitam di Pilgub Sulaweai Tenggara. Foto: Instagram Dr Bahtiar

" Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait Pilkada Sulawesi Tenggara 2024, terutama dalam persaingan pemilihan gubernur (pilgub) "

KENDARI, TELISIK.ID - Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait Pilkada Sulawesi Tenggara 2024, terutama dalam persaingan pemilihan gubernur (pilgub).

Survei ini dilakukan periode 13-18 Mei 2024. Poltracking berhasil memetakan keinginan masyarakat terkait figur calon gubernur yang akan dipilih untuk memimpin daerah.

Poltracking juga melakukan simulasi 10 bakal calon gubernur dengan hasil Andi Sumangerukka sebesar 28,2 persen, Tina Nur Alam 25,2 persen, Ridwan Bae 18,6 persen, Ruksamin 5,4 persen, Arhawi 1,8 persen, Bahtiar 0,7 persen, Abdul Rahman Farisi 0,7 persen, Abu Hasan 0,4 persen, Surunuddin Dangga dan Rusmin Abdul Gani 0 persen. Responden tidak menjawab dan tidak tahu 19,0 persen.

Pengamat politik dari UMK Andi Awaluddin Maruf mengatakan, sebagai pendatang baru, Bahtiar memilki peluang yang cukup besar untuk membuat kejutan di Pilgub Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Menunggu Rekomendasi, Fajar Hasan Tetap Optimis Maju di Pilkada Muna Barat

Ia menambahkan, dengan tambahan mesin parpol pendukung, pasangan cagub-cawagub dan simbolik anak muda atau gen z bisa menjadi kuda hitam di Pilgub Sulawesi Tenggara nantinya.

"PR ke depan para kandidat adalah memaksimalkan dukungan parpol sebagai partai pendukung untuk bersyarat sebagai calon di KPU Sultra November nantinya," tambahnya.

Lanjut Andi Awaluddin, dari analisis Trend Data Poltracking, semakin mengerucut calon semakin tinggi undecidef voters/pemilih ragu-ragu, yang belum menentukan pilihan masih 40 persen, dan ini masih lapangan terbuka bagi semua calon untuk menarik dukungan Simpul Undecided voters.

Menurut Andi Awaluddin, analisis redaksi dari berbagai sumber dalam simulasi nama-nama bacagub tersebut, Arhawi akan fokus pada Pilbup Wakatobi dan Ridwan BAE sepertinya akan tetap bertahan sebagai anggota DPR RI terpilih.

Ia menambahkan, berlatar belakang seorang akademisi, Bahtiar memiliki kesempatan yang besar ketika itu bisa di freming dengan baik bahwa di Sulawesi Tenggara butuh seorang pemimpin yang akademis.

Adapun simulasi elektabilitas 10 bacagub

poltracking juga melakukan simulasi 10 Bacagub Sulawesi Tenggara:

Baca Juga: Bacagub Lukman Abunawas Sebut La Ode Ida Sevisi

- Andi Sumangerukka sebesar 28,2 persen

- Tina Nur Alam 25,2 persen

- Ridwan Bae 18,6 persen

- Ruksamin 5,4 persen

- Arhawi 1,8 persen

- Bahtiar 0,7 persen

- Abdul Rahman Farisi 0,7 persen

- Abu Hasan 0,4 persen

- Surunuddin Dangga 0,0 persen

- Rusmin Abdul Gani 0,0 persen

- Responden tidak menjawab dan tidak tahu 19 persen. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga