adplus-dvertising

Hasilkan Foto Low Light Keren di Smartphone Kamu dengan Cara Ini

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
770 dilihat
Hasilkan Foto Low Light Keren di Smartphone Kamu dengan Cara Ini
Modal smatphone saja bisa hasilkan foto low light yang keren. Foto: Repro merdeka.com

" Bagi pecinta fotografi, mengambil foto dalam kondisi pencahayaan low light adalah tantangan tersendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Terkadang untuk menghasilkan jepretan yang berkualitas tinggi dan jernih, biasanya membutuhkan cahaya yang bagus atau terang.

Namun, bagaimana jika kita ingin menghasilkan foto yang bagus tapi di kondisi cahaya yang gelap seperti di dalam ruangan atau malam hari?

Bagi pecinta fotografi, mengambil foto dalam kondisi pencahayaan low light adalah tantangan tersendiri. Dan jika diambil secara tepat, hasil foto low light mampu menimbulkan decak kagum.


Karena foto low light kerap memuat gambar dengan cahaya berwarna-warni lantaran kontras antara subyek yang difoto dan latar.

Mengutip dari detik.com, supaya foto terang di kondisi gelap, ada tiga pilihan yang kita lakukan yaitu meningkatkan ISO (dengan risiko noise/bintik-bintik di foto), memperlambat shutter speed kamera (dengan risiko foto shake/blur), dan memperbesar bukaan lensa (dengan risiko ruang tajam tidak cukup lebar). Setiap pilihan memiliki konsekuensi yang berbeda-beda.

Meski begitu, jangan dulu berpikir bahwa mengambil foto pada kondisi low light hanya dapat dilakukan oleh para profesional dengan menggunakan alat khusus. Sebab, selama teknik yang dilakukan tepat, kamera smartphone pun mampu menghasilkan gambar memukau.

Baca Juga: Dapat Skin Epic Gratis dari Game Mobile Legend Jika Beli HP Galaxy A Series

Catatannya, pengguna harus pintar-pintar memanfaatkan kecanggihan kamera dan fitur yang tersemat pada smartphone. Selain itu, perlu juga punya kemampuan untuk menimbang-nimbang waktu yang tepat saat mengambil gambar. Ini mengingat kondisi penerangan saat memotret tergolong minim.

Berikut beberapa cara mengambil foto low light menggunakan smartphone:

1. Pahami medan pengambilan foto

Dikutip dari kompas.com, untuk menghasilkan foto low light, perhatikan sumber cahaya yang tersedia sebelum menentukan pengaturan foto. Pastikan obyek yang akan dijepret terlihat baik dan menawan.

Sebaiknya, fotografer mengatur komposisi cahaya dengan baik agar gambar yang dihasilkan memuaskan.

2. Gunakan mode pro atau manual

Idealnya, fotografer melakukan pengambilan gambar low light dengan menggunakan pengaturan manual atau mode pro. Dengan begitu, pengaturan kamera smartphone bisa diatur sesuai kondisi cahaya di lapangan.

Perlu diketahui, ada tiga hal dasar yang memengaruhi pencahayaan gambar pada smartphone, yakni shutter speed, ISO, dan aperture.

3. Memanfaatkan golden moment

Tips selanjutnya adalah menunggu golden moment. Dalam istilah fotografi, waktu emas atau terbaik pengambilan foto low light adalah sebelum matahari terbit atau pada masa-masa matahari terbenam.

Saat golden moment, banyak kilatan cahaya dengan warna dan siluet yang menarik untuk diambil. Dengan begitu, fotografer dapat menangkap hasil gambar low light yang keren.

4. Upayakan kamera tetap stabil saat memotret

Saat mengambil foto dengan kondisi minim cahaya, kestabilan kamera jadi salah satu yang utama. Pasalnya, getaran tangan saat mengambil foto low light dapat membuat hasil gambar menjadi blur dan tidak fokus.

Kamu bisa melatih tangan supaya tidak bergetar saat mengambil gambar. Caranya, dengan menyangga tangan pada tembok atau tiang saat mengambil gambar.

5. Gunakan smartphone dengan kamera mumpuni

Tips terakhir adalah menggunakan smartphone dengan spesifikasi dan fitur kamera mumpuni. Smartphone keluaran terkini umumnya sudah dibekali lensa yang mengadopsi teknologi kamera digital single lens reflex (DSLR).

Baca Juga: Produsen Mobil Asal Jerman, BMW Luncurkan Sedan Listrik Mewah

Salah satu smartphone yang bisa diandalkan untuk menghasilkan foto low light adalah Oppo Reno7. Pasalnya, smartphone ini dibekali fitur Ultra-Sensing Selfie melalui sensor IMX709 hasil kolaborasi Oppo dengan Sony.

IMX709 memiliki sensor red, green, blue, dan white (RGBW) dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan Oppo. Lewat sensor ini, Oppo Reno7 mampu menangkap 60 persen lebih banyak cahaya ketimbang sensor red, green, dan blue (RGB).

Sensor tersebut juga dapat membantu mengurangi gangguan saat pengambilan foto dan video selfie hingga 35 persen. Dengan demikian, hasil jepretan gambar menjadi lebih jelas dan cerah, meski pada kondisi minim cahaya atau low light. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga