Hotel Unik Ini Sajikan Nginap di Dua Negara Sekaligus

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Hotel Unik Ini Sajikan Nginap di Dua Negara Sekaligus
Hotel Arbez Franco-Suisse atau biasa disebut L'Arbezie yang berada di Eropa memiliki kekhasan tersendiri karena terletak tepat di atas perbatasan dua negara. Foto: Repro Tripadvisor.com

" Ketika Anda tidur, Anda bisa menikmati kamar binasional yang mana posisi kasur memungkinkan kepala Anda berada di Swiss dan kaki Anda berada di Prancis "

PARIS, TELISIK.ID - Jika hotel biasanya memanjakan pengunjungnya dengan beragam fasilitas yang nyaman, namun bagaimana jadinya jika Anda menginap di dua negara sekaligus?

Rupanya, hotel itu benar-benar ada. Hotel itu bernama Arbez Franco-Suisse atau biasa disebut L'Arbezie yang berada di Eropa memiliki kekhasan tersendiri karena terletak tepat di atas perbatasan dua negara.

Dikutip Sindonews.com, hotel ini dibangun dengan gaya rustic yang terjadi akibat Perjanjian Dappes 1862 dimana Prancis dan Swiss menyetujui pertukaran teritorial kecil untuk memungkinkan kendali penuh Prancis atas jalan strategis terdekat.

Dia membangun toko yang melintasi perbatasan, sehingga memungkinkannya berbisnis di dua negara secara bersamaan. Pada 1822 toko tersebut berubah menjadi hotel. Di mana hotel ini adalah tempat peristirahatan yang sempurna bagi para pemain ski dan para pecinta petualangan lain yang ingin mengakses Pegunungan Alpen.

Ketika Anda tidur, Anda bisa menikmati kamar binasional yang mana posisi kasur memungkinkan kepala Anda berada di Swiss dan kaki Anda berada di Prancis. Namun, cuma itu yang ditawarkan Hotel Arbez? Tentu saja tidak.

Baca Juga: Keunikan Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia

Hotel benar-benar menggambarkan situasi Perang Dunia hingga yang terkini COVID-19. Anda akan menemukan aneka dekorasi di dinding hotel.

"Cermin dan jendela yang dimaksudkan tidak hanya sebagai elemen dekoratif, tetapi juga simbol hubungan antara dunia yang berdekatan dengan kenyataan," ujar Alexandre Peyron, manager hotel dilansir dari Cnnindonesia.co.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Suku Bugis

Hotel Arbez dipisahkan oleh garis yang tidak terlihat melalui dapur, ruang makan, lorong, dan kamar-kamar hotel. Kesulitan untuk mengelola hotel di dua negara ini adalah pajaknya. SARL Arbez Franco Suisse, perusahaan di balik hotel tersebut, membayar pajak sama rata ke dua negara.

Bangunan tiga lantai itu memiliki sepertiga di wilayah Swiss dan dua pertiganya di Prancis. Dari jendela kamar terlihat dua pos perbatasan negara. Di sisi kanan adalah pos Swiss, sementara sisi kirinya adalah pos Prancis.

Tempat tidur honeymoon suite juga terbelah menjadi dua, dengan satu sisi terletak di Prancis dan sisi lainnya di Swiss. Jadi Anda tak perlu repot-repot untuk berpindah-pindah tempat, cukup datang ke hotel ini Anda bisa melakukannya dalam satu waktu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga