Hubungan Suami Istri yang Dilarang Dalam Islam, Pasutri Perlu Tahu

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 15 April 2022
0 dilihat
Hubungan Suami Istri yang Dilarang Dalam Islam, Pasutri Perlu Tahu
Ada hal-hal yang dilarang dalam Islam saat berhubungan suami istri. Foto: Repro detik.com

" Berhubungan intim juga harus memperhatikan kaidah-kaidah agama, di mana ada beberapa hal yang dilarang dalam Islam saat berhubungan suami istri "

KENDARI, TELISIK.ID - Berhubungan intim dengan pasangan setelah menikah merupakan hal yang wajib dalam pernikahan guna menunjang keharmonisan rumah tangga. Bahkan hal tersebut termasuk sebuah ibadah bagi pasangan suami istri yang sudah halal.

Namun, berhubungan intim juga harus memperhatikan kaidah-kaidah agama, di mana ada beberapa hal yang dilarang dalam Islam saat berhubungan suami istri.

Adapun hal-hal yang dilarang yakni sebagai berikut:

1. Tidak membaca doa

Dikutip dari haibunda.com, dalam Islam, setiap kali melakukan suatu kegiatan sebaiknya dimulai dengan membaca doa. Demikian juga saat hendak berhubungan intim, Dengan demikian, aktivitas intim yang dilakukan bisa lebih mendapatkan berkah.

Membaca doa akan memupus campur tangan iblis yang hendak mengganggu. Doa juga akan menjaminkan kesucian bagi pasangan suami istri dan keturunannya kelak.

2. Berhubungan saat haid

Aktivitas seksual lain yang tak diperbolehkan dalam Islam adalah jika dilakukan saat istri sedang dalam keadaan haid. Bukan tanpa alasan, hal ini tentu bisa membuat sang istri merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Lakukan Amalan Ini di Bulan Ramadan, Dicontohkan Rasulullah

Meski begitu, suami tetap boleh berhubungan seksual dengan cara yang lain tanpa melalui vagina. Namun, hubungan seks tetap harus dilakukan dengan sang istri.

3. Melakukan hubungan intim melalui dubur

Dikutip dari okezone.com, ajaran agama Islam melarang berhubungan intim melalui dubur. "Bersetubuh melalui dubur, walaupun istri adalah ladang bagi Anda dan ladangmu tersebut bisa didatangi kapan saja dan dengan cara yang Anda sukai, namun yang perlu diperhatikan berjimak melalui dubur tidak dianjurkan dalam agama Islam," kata Ustazah Ummi Saroh.

4. Ketika puasa fardhu

Dalam keadaan berpuasa dapat menahan lapar dan haus tapi juga menahan hawa nafsu. Menurut Ustazah Ummi Saroh, hal tersebut dapat membatalkan puasa, dan tentu sangat dilarang.

Baca Juga: Ini Hal-Hal yang Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa

5. Dalam keadaan kotor

Berhubungan suami istri dilarang dalam keadaan kotor. Pasalnya, keadaan bersih tentu membuat lebih nyaman dan memberikan kesegaran, jika dibandingkan dalam keadaan kotor. Mengingat kebersihan sebagian dari iman.

6. Tidak mengawalinya dengan pendekatan

Tidak dianjurkan mengawali hubungan suami istri tanpa pendekatan intim. Hendaknya jangan lupa mengucapkan kata-kata manis dan bercumbu di awal sebelum berjimak. Sebab, hal tersebut juga berdasarkan sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Jika tidak melakukan hal tersebut sama saja seperti binatang.

"Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda: Siapa pun di antara kamu janganlah menyamai istrinya seperti seekor hewan bersenggama, tapi hendaklah ia dahului dengan perantaraan. Selanjutnya ada yang bertanya apa itu perantaranya Rasulullah? Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yaitu berciuman dan ucapan romantis." (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga