Hugua Apresiasi Komitmen Rusman Perjuangkan Honorer K2

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 23 November 2020
0 dilihat
Hugua Apresiasi Komitmen Rusman Perjuangkan Honorer K2
Anggota Komisi II DPR RI, Hugua bersama LM Rusman Emba. Foto: Ist.

" Saya menyaksikan sendiri, komitmen Rusman sangat luar biasa dalam memperjuangkan nasib honorer K2. "

MUNA, TELISIK.ID - Anggota Komisi II DPR RI, Hugua mengapresiasi komitmen LM Rusman Emba dalam memperjuangkan nasih honorer Kategori Dua (K2).

Kata politisi PDIP itu, Rusman selaku Bupati Muna telah mengusulkan di pusat agar honorer K2 dapat diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Saya menyaksikan sendiri, komitmen Rusman sangat luar biasa dalam memperjuangkan nasib honorer K2," kata Hugua saat lawatannya di Muna, akhir pekan lalu.

Sebagai anggota komisi yang leading sektornya bersama KemenPAN-RB dan Kemendagri, politisi PDIP itu berjanji akan membantu Rusman agar honorer K2 bisa diangkat menjadi ASN.

"Insyaallah saya akan bantu," janjinya.  

Baca juga: TNI-Polri Kawal Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilkada Gowa

Saat ini, pemerintah pusat tengah membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Kabupaten Muna salah satunya yang telah mengusulkan di pusat dengan memprioritaskan honorer K2.

LM Rusman Emba mengaku, keberadaan honorer K2 pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat membantu tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan pada masyarakat. Sehingga tak salah bila mereka diangkat menjadi ASN.

"Saya tetap akan memberikan perhatian serius pada honorer K2. Tahun depan, honor mereka kita ratakan Rp 1 juta per bulan dan mengusulkan formasi CASN untuk honorer K2," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Muna, Sukarman Loke menerangkan, saat ini jumlah honorer K2 yang tersisa tinggal kurang lebih 5.005 orang. Mereka tersebar di seluruh OPD. Mereka digaji lewat APBD. Kemudian, ada juga 100 honorer K2 yang telah diangkat menjadi tenaga P3K dan telah menjadi ASN sejak tahun 2013, 2018 dan 2019.

"Tahun ini kami masih menunggu berapa yang diterima menjadi tenaga P3K dan tahun depan (2021), kita usulkan formasi untuk honorer K2," pungkasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga