Idul Adha 1443 Hijriah, IAIN Kendari Berbagi 815 Paket Daging Kurban

Sasmiraza, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
0 dilihat
Idul Adha 1443 Hijriah, IAIN Kendari Berbagi 815 Paket Daging Kurban
Pada perayaan Idul Adha 1443 Hijriah, seluruh unsur pimpinan, dosen dan pegawai di IAIN Kendari berkurban 13 ekor sapi. Foto: Ist

" Tanggal 10 Dzulhijjah dalam tahun Hijriah, seluruh umat muslim di dunia merayakan hari raya Idul Adha atau biasa disebut juga hari raya Idul kurban, juga bertepatan dengan momentum pelaksanaan ibadah haji "

KENDARI, TELISIK.ID - Tanggal 10 Dzulhijjah dalam tahun Hijriah, seluruh umat muslim di dunia merayakan hari raya Idul Adha atau biasa disebut juga hari raya Idul kurban, juga bertepatan dengan momentum pelaksanaan ibadah haji.

Perayaan ini menjadi momentum bagi setiap umat islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT yang ditandai dengan keikhlasan menyisihkan harta yang dimiliki untuk membeli hewan kurban yang kemudian dibagikan kepada masyarakat.

Menyembelih hewan qurban hukumnya sunnah muakkad bagi yang mampu dan berkecukupan, meskipun demikian pada kenyataannya mereka yang berkurban bukan saja terbatas pada umat muslim yang memiliki kekayaan melimpah, tetapi juga bagi mereka yang hidup sederhana. Mereka mampu berkurban karena dorongan keikhlasan dan keinginan mendekatkan mendapatkan ridho Allah SWT.

Sebagaimana umat muslim lainnya, pada perayaan Idul Adha 1443 H di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, seluruh unsur pimpinan, dosen dan pegawai berkurban 13 ekor sapi.

Penyembelihan dilakukan usai pelaksanaan sholat Ied padan10 Dzulhijjah 1443 H/2022 M di Masjid Baitul Hikmah IAIN Kendari, Minggu (10/7/2022).

Ketua panitia pelaksana kurban, Drs. Lamondo, M.Pd.I mengatakan sebanyak 815 paket daging kurban dibagikan kepada mahasiswa dan masyarakat tidak mampu yang berada di sekitar lingkungan kampus.

Baca Juga: AN IC Kendari Raih Tiga Mendali di Ajang Internasional IABO

“Panitia telah melaksanakan amanah untuk mendistribusikan daging kurban tersebut. Semoga bermanfaat bagi mereka yang menerima,” ujarnya.

Baca Juga: Tingkat Hunian Hotel Sulawesi Tenggara Alami Peningkatan

Sebelum pembagian daging kurban, dokter hewan dari Dinas Pertanian Pemerintah Kota Kendari, drh. Titah Aprilia Riadiani telah melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh hewan kurban dan memastikan bahwa hewan yang disembelih tersebut telah memenuhi kriteria hewan kurban yang sehat dan layak di konsumsi. (C-Adv)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Musdar

Baca Juga