Yuk, Jaga Kesehatan Ginjal Lewat 6 Cara Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 21 Maret 2022
0 dilihat
Yuk, Jaga Kesehatan Ginjal Lewat 6 Cara Ini
Ilustrasi seseorang diserang sakit ginjal. Foto: Repro hellosehat.com

" Diungkap oleh WHO, 85 crore pasien yang menderita penyakit ginjal secara global diperkirakan meningkat pada tahun 2040 "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu organ tubuh yang sangat besar fungsinya terhadap kesehatan tubuh adalah ginjal.

Mengutip Suara.com - jaringan Telisik.id, ginjal merupakan organ yang terlihat di bagian bawah tulang rusuk, yang mampu menyaring sekitar 200 liter darah setiap hari, sehingga dapat menghilangkan kotoran, bahan kimia, racun, dan air yang berlebihan.

Pada saat ginjal tidak berfungsi secara optimal, ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan kronis. Sebagaimana yang diungkap oleh WHO, 85 crore pasien yang menderita penyakit ginjal secara global diperkirakan meningkat pada tahun 2040.

Hal itu diikuti lebih dari 5 juta pasien yang gagal ginjal, bahkan meninggal hingga kurangnya perawatan yang tepat.

Melansir HealthShots, simak enam tips untuk menjaga kesehatan ginjal secara optimal:

- Olahraga Teratur

Olahraga teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, terutama kesehatan ginjal Anda.

Selain itu, latihan fisik juga dapat meningkatkan kekuatan, fungsi otot, sekaligus menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Bahkan, olahraga juga membantu mencegah diabetes serta kesehatan jantung Anda.

- Konsumsi Air Mineral

Mengonsumsi air mineral dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal Anda, serta menghilangkan limbah dan polutan dari darah dalam bentuk urin.

Dengan mengonsumsi air yang cukup, ini dapat mengurangi mengembangkan penyakit ginjal kronis, juga menghindari dari penyakit batu ginjal.

- Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang buruk dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan juga kerusakan ginjal. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, ini dapat melindungi organ-organ tubuh dari kerusakan dan cidera. Beberapa makanan ini bisa Anda konsumsi, mulai dari sayur-sayuran hingga biji-bijian.

Baca Juga: Yuk, Kenali 7 Minuman Penurun Darah Tinggi yang Perlu Kamu Tahu

Buah-buahan seperti cranberry juga baik untuk kesehatan ginjal, sebab buah ini mengandung kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

- Hindari Tembakau

Tidak dipungkiri, tembakau dapat menghancurkan arteri darah, menurunkan aliran darah, serta mengembangkan penyakit paru-paru dan jantung.

Selain itu, merokok juga dapat membahayakan kesehatan ginjal, sebab ada bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok. Bahkan, ini dapat meningkatkan risiko kanker ginjal serta kandung kemih sekitar 50 persen.

- Jangan Berlebihan Mengonsumsi Obat, Suplemen, dan Jamu yang Dijual Bebas

Mengonsumsi obat tanpa resep dokter dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi secara teratur.

Selain obat-obatan, suplemen dan ekstrak herbal juga dapat berbahaya bagi ginjal bila dijual dengan bebas. Itu sebabnya penting untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat tertentu.

- Tetap Positif

Setelah mengonsumsi makanan sehat, menghindari rokok, dan juga minum air yang cukup, hal yang penting untuk meningkatkan kesehatan ginjal adalah dengan tetap berpikir positif. Karena berpikir positif sangat membantu pemulihan pasien dengan penyakit ginjal.

Baca Juga: Muncul Varian Baru COVID-19 Deltacron, Ahli Minta Dunia Tak Khawatir

Selain itu, orang yang berpikir positif akan lebih mudah menemukan solusi dalam masalah. Sedangkan orang yang berpikiran negatif, akan menemukan masalah tanpa solusi. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga