Jarang Terekspos, 2 Pantai di Buton Selatan Ini Punya Potensi jadi Desa Wisata Bahari

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Senin, 31 Juli 2023
0 dilihat
Jarang Terekspos, 2 Pantai di Buton Selatan Ini Punya Potensi jadi Desa Wisata Bahari
Pantai Karae terletak di Desa Karae Kepulauan Siompu dan Pantai Ujung Pasir, yang terletak di Desa Lamaninggara, Siompu Barat. Foto: Ist.

" Eksistensi daya tarik wisata bahari di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, semakin menarik perhatian para pecinta wisata alam dengan potensi wisata yang melimpah di dua pantai eksotis, yaitu pantai Karae dan Ujung Pasir "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Eksistensi daya tarik wisata bahari di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, semakin menarik perhatian para pecinta wisata alam dengan potensi wisata yang melimpah di dua pantai eksotis, yaitu pantai Karae dan Ujung Pasir.

Meskipun memiliki potensi wisata yang menakjubkan, pantai Karae dan Ujung Pasir selama ini jarang terekspos oleh media maupun wisatawan. Namun, dengan keindahan alam yang luar biasa dan pesona yang khas, keduanya layak dipertimbangkan untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

Berdasarkan Pedoman Desa Wisata yang dilansir dari laman jadesta.kemenprekraf.go.id, ada enam kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi desa wisata diantaranya:

Baca Juga: Nikmati Suguhan Gerak Lemah Gemulai Tari Kalegoa di Desa Wisata Limbo Bungi Baubau

1. Memiliki  potensi daya tarik wisata (Daya tarik wisata alam, budaya, dan buatan/karya kreatif).

2. Memiliki komunitas masyarakat.

3. Memiliki potensi sumber daya manusia lokal yang dapat terlibat dalam aktivitas pengembangan desa wisata.

4. Memiliki kelembagaan pengelolaan.

5. Memiliki peluang dan dukungan ketersediaan fasilitas dan sarana prasarana dasar untuk mendukung kegiatan wisata.

6. Memiliki potensi dan peluang pengembangan pasar wisatawan.

Salah seorang masyarakat lokal, Safril menjelaskan, pantai Karae sebelumnya telah mendapat perhatian dan sempat dikelola oleh pemerintah desa setempat, namun dalam beberapa tahun terakhir pengelolaan fasilitas dan sarana di pantai tersebut tidak lagi dilakukan.

“Pantai Karae ini bagus sekali, kalau bisa dibilang punya potensi pariwisata yang melimpah, cuman memang kurang didukung dengan fasilitas, ke depannya mungkin bisa juga libatkan masyarakat untuk pengelolaannya supaya lebih bagus lagi,” bebernya, Senin (31/7/2023).

Pantai Karae yang terletak di Desa Karae Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan, menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Dengan hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.

Pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Selain itu, para pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sangat memanjakan mata.

Selanjutnya, pantai Ujung Pasir yang terletak di Desa Lamaninggara, Kecamatan Siompu Barat, tidak jauh berbeda dengan karakteristik panti Karae, pantai Ujung Pasir ini juga menawarkan keindahan pantai yang tidak kalah menarik. Suara ombak yang berkejaran dengan lembut menambah suasana romantis dan menenangkan.

Bagi para pecinta snorkeling, pantai ini juga menawarkan kekayaan bawah laut yang menakjubkan dengan beragam biota laut yang memikat.

“Di Buton Selatan ini banyak pantai yang bagus dan potensial, cuman jarang diketahui, disisi lain juga belum banyak dikelola oleh pemerintah setempat,” jelas Toni, salah seorang pengunjung pantai Ujung Pasir.

Kedua pantai tersebut dianggap memiliki potensi yang sangat besar dan berpeluang untuk dijadikan sebagai Desa Wisata Bahari.

Desa Wisata Bahari (Dewi Bahari) telah banyak dikembangkan oleh masyarakat pesisir. Pengelolaan Desa Wisata Bahari dikembangkan untuk memberikan peran yang lebih besar bagi masyarakat pesisir dalam pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil.

Baca Juga: Nikmati Keindahan Alam Pulau Muna dari Ketinggian Puncak Masalili

Selain itu, pengembangan Desa Wisata Bahari juga dapat menjadi sumber mata pencaharian alternatif, di luar pekerjaan pokok masyarakat pesisir sebagai nelayan.

Belum adanya infrastruktur pariwisata yang memadai, akses ke kedua pantai ini masih terbilang sulit, namun hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang dan pecinta alam. Banyak wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi keindahan alam murni tanpa harus terganggu oleh keramaian wisata massa.

Diharapkan, potensi wisata yang melimpah di kedua pantai ini akan membuka peluang untuk dijadikan sebagai Desa Wisata Bahari dan kedepannya memberikan dampak positif bagi ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat. (B)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga