Ini 6 Penyebab Badan Pegal Linu yang Perlu Kamu Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 23 Januari 2023
0 dilihat
Ini 6 Penyebab Badan Pegal Linu yang Perlu Kamu Tahu
Pegal linu diartikan sebagai kondisi badan yang terlalu lelah setelah melakukan pekerjaan berat. Foto: google.com

" Pegal linu dalam dunia medis adalah nyeri otot alias myalgia. Hampir semua orang pernah mengalaminya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Pegal linu dalam dunia medis adalah nyeri otot alias myalgia. Hampir semua orang pernah mengalaminya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pada umumnya, dikutip dari sehatq.com, pegal linu diartikan sebagai kondisi badan yang terlalu lelah setelah melakukan pekerjaan berat. Padahal, badan pegal-pegal bukan hanya karena kelelahan, melainkan juga karena adanya masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Pegal linu bisa terjadi pada area tertentu, misalnya kaki, tangan, leher, pinggang, atau punggung. Namun, kondisi ini juga dapat terasa pada sekujur tubuh, yang derajatnya berkisar dari ringan hingga berat.

Otot terasa pegal biasanya bukan kondisi yang serius dan bisa hilang dengan sendirinya setelah beristirahat. Meskipun demikian, tidak sedikit juga orang yang ingin mempercepat pemulihannya dengan minum obat pegal linu, menempelkan koyo, atau pijat.

Baca Juga: 8 Bahaya Minum Kopi Setiap Hari yang Bisa Mengintai Kamu

Melansir kompas.com dari Cleveland Clinic, berikut bebeapa penyebab badan pegal linu yang perlu kamu ketahui:

1. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dirinya sendiri.

Penyakit autoimun yang bisa menjadi penyebab badan pegal linu, termasuk; miopati inflamasi, seperti inclusion body myositis dan polymyositis Lupus Sklerosis ganda (MS): kondisi yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.

2. Kondisi lainnya

Kondisi lain yang Anda derita yang bisa juga menyebabkan pegal linu, antara lain: Kanker, seperti sarkoma (kanker jaringan lunak) dan leukemia (kanker darah) Sindrom kelelahan kronis Sindrom kompartemen (penumpukan tekanan pada otot) Fibromyalgia Ketidakseimbangan elektrolit (mineral dalam darah Anda, seperti kalsium, magnesium, natrium, dan kalium). Hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) Penyakit arteri perifer (PAD) Stres dan ketegangan.

3. Cedera

Cedera bisa menjadi penyebab myalgia karena Anda menggunakan otot berlebihan atau berulang kali menggunakan otot yang sama di tempat kerja atau selama berolahraga.

Jenis cedera lain yang bisa menyebabkan pegal linu meliputi otot perut tegang atau kram, otot punggung tegang dan keseleo, patah tulang dan cedera traumatis, sindrom nyeri miofasial dari gerakan berulang (berlebihan), tendinitis: tendon bengkak yang meradang akut, tendinosis: tendon yang rusak secara kronis.

4. Efek obat-obatan

Beberapa pengobatan dan terapi tertentu dapat menjadi penyebab myalgia sementara atau kronis. Beberapa obat bisa menyebabkan peradangan di sekitar sel otot (myositis) atau mengaktifkan reseptor nyeri otot.

Dimana obat-obatan tersebut meliputi, obat perawatan kanker, termasuk obat untuk kemoterapi dan terapi radiasi, obat tekanan darah tinggi, seperti angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, obat statin untuk menurunkan kadar kolesterol.

5. Infeksi

Infeksi bakteri maupun virus dapat menjadi penyebab Anda merasakan pegal linu. Jenis infeksi penyebab badan pegal linu, seperti: Flu Covid-19 Penyakit Lyme: infeksi bakteri akibat gigitan kutu.

Kemudian rocky Mountain spotted fever meliputi infeksi akibat bakteri, rickettsia rickettsia, malaria, trikinosis: infeksi cacing parasit nematoda yang hidup di usus babi dan hewan lainnya.

6. Gangguan neuromuskular

Gangguan neuromuskular memengaruhi otot dan saraf, sehingga bisa juga menyenyebabkan Anda mengalami badan pegal linu.

Baca Juga: 7 Jenis Istirahat yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Produktif

Gangguan neuromuskular yang menjadi penyabab badan pegal linu meliputi: Amyotrophic lateral sclerosis (ALS): jenis penyakit neuron motorik. Distrofi otot: sekelompok penyakit bawaan (genetik) yang menyebabkan kelemahan otot. Myasthenia gravis: penyakit neuromuskuler seumur hidup yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang bagiannya sendiri. Spinal muscular atrophy: penyakit neuromuskuler yang diturunkan di mana membuat otot menjadi lemah.

7. Kondisi lainnya

Kondisi lain yang Anda derita yang bisa juga menyebabkan pegal linu, antara lain: Kanker, seperti sarkoma (kanker jaringan lunak) dan leukemia (kanker darah), Sindrom kelelahan kronis, sindrom kompartemen (penumpukan tekanan pada otot), fibromyalgia, ketidakseimbangan elektrolit (mineral dalam darah Anda, seperti kalsium, magnesium, natrium, dan kalium). Hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) Penyakit arteri perifer (PAD) Stres dan ketegangan.

Nah, itulah beberapa penyebab badan pegal linu yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga