Ini Alasan Kucing Mengubur Kotorannya Sendiri

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 04 Agustus 2023
0 dilihat
Ini Alasan Kucing Mengubur Kotorannya Sendiri
Kebiasaan ini ada hubungannya dengan wilayah kekuasaan dan ketundukan. Kucing besar atau kucing liar yang dominan atau berkuasa di wilayahnya, tidak mengubur kotorannya. Foto: Bobogrid.id

" Tak seperti binatang pada umumnya, kucing memiliki kebiasaan untuk mengubur kotorannya. Banyak yang bilang, kucing memang suka sekali kebersihan. Karenanya, kucing akan selalu mengubur kotoran setelah selesai "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak seperti binatang pada umumnya, kucing memiliki kebiasaan untuk mengubur kotorannya. Banyak yang bilang, kucing memang suka sekali kebersihan. Karenanya, kucing akan selalu mengubur kotoran setelah selesai.

Namun, ternyata alasan kucing mengubur kotoran bukan hanya itu, perilaku kucing yang mengubur kotoran juga dilakukan oleh kucing besar, seperti singa, harimau, macan tutul, dan jaguar seperti dikutip dari Grid.id.

Kebiasaan ini ada hubungannya dengan wilayah kekuasaan dan ketundukan. Kucing besar atau kucing liar yang dominan atau berkuasa di wilayahnya, tidak mengubur kotorannya. Mereka membiarkan kotoran di tempat terbuka untuk menandai wilayah.

Baca Juga: Wisata Batu Sori, Eksplorasi Unik Situs Batu Apung di Baubau

Nah, kucing yang mengubur kotorannya adalah kucing yang harus tunduk atau patuh terhadap kucing yang dominan di alam liar. Kucing dapat membedakan kotorannya dari kotoran kucing lain berkat penanda aroma kimia unik yang disebut feromon.

Feromon ini merupakan aroma kimia yang ada dalam urin dan kotoran kucing. Di alam liar, kucing dominan termasuk dari genus Panthera, seperti singa, harimau, macan tutul, dan jaguar bersaing memperebutkan wilayah.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Unik Wisata Terapi Ikan di Uwe Kohondao Liya Togo Wakatobi

Mereka seringkali tidak mengubur kotorannya sebagai tanda atau klaim atas wilayah tertentu. Sementara kucing yang lebih kecil, lebih lemah, atau lebih patuh, mengubur kotorannya sebagai cara untuk memastikan bahwa kucing dominan tidak merasa tertantang.

Kucing liar juga akan menyembunyikan kotorannya untuk menghindari perhatian yang tidak diinginkan dari pemangsa ke dirinya sendiri atau sarang anak kucingnya.

Kucing dalam ruangan yang didomestikasi (Felis catus) memiliki naluri melindungi diri yang sama kuatnya. Meskipun tidak ada pemangsa di rumah, kucing mungkin tidak begitu yakin dan akan mengubur kotorannya untuk berjaga-jaga. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga