Ini Bedanya Tidak Perawan karena Hubungan Seks dan Olahraga

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 09 Juni 2023
0 dilihat
Ini Bedanya Tidak Perawan karena Hubungan Seks dan Olahraga
Selaput dara bisa saja sobek karena aktivitas yang butuh pergerakan intens seperti olahraga. Foto: Repro Merdeka.com

" Robeknya selaput dara itu tidak harus karena hubungan seks. Bisa karena main sepeda, terbentur ujung meja, menari balet, taekwondo atau olahraga berat lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Stereotip masyarakat tentang wanita perawan adalah wanita yang selaput daranya belum robek. Padahal selaput dara robek tak selalu disebabkan karena hubungan seks, tapi aktivitas intens pergerakannya seperti olahraga.

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id, pakar seksual Dokter Boyke Dian Nugroho menjelaskan bahwa selaput dara juga bisa robek bukan akibat hubungan seksual.

"Robeknya selaput dara itu tidak harus karena hubungan seks. Jadi robekan selaput dara bisa karena main sepeda, terbentur ujung meja, menari balet, taekwondo, semua olahraga berat, kadang-kadang bisa mengakibatkan robekan," jelas Dokter Boyke, dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Sonora FM yang tayang pada Desember 2020.

Akan tetapi, robekan selaput dara akibat hubungan seks atau cedera karena aktivitas, sebenarnya bisa dibedakan. Namun, menurut dokter Boyke, orang awam biasanya sulit membedakan.

Dikutip dari Aceh.tribunnews.com, menurut dr Boyke, jika robeknya selaput dara karena hubungan intim biasanya akan terlihat dengan jelas secara medis.

Baca Juga: 4 Artis Cantik Ngaku Sudah Tak Perawan di Usia Belasan, Ada Ariel Tatum dan Natasha Wilona

"Kalau robeknya karena hubungan seks, robeknya amburadul, robeknya sampe ke dasar," kata dia.

Sementara robeknya selaput dara miss V karena kecelakaan atau melakukan aktivitas olahraga, bisa terlihat robekannya sedikit dan tidak sampai ke dasar selaput dara.

"Kalau robeknya karena aktivitas seperti tekwondo, balet kemudaian jatuh dari sepeda itu biasanya tidak sampai amburadul, artinya hanya robek sedikit," imbuhnya.

Lantas apakah suami mengetahui kondisi selaput dara yang telah robek saat hubungan intim pertama kali?

Menurut dr Boyke, suami tidak akan tahu atau merasakan kondisi selaput dara yang telah robek pada Miss V.

"Suami kalau bukan dokter ya gak ngerti, ini robeknya full 100 persen amburadul atau separuh-separuh, dia ga akan tahu, kan yang penting buat dia enak aja," lanjutnya.

Baca Juga: Bukit Padamarang, Pulau Perawan dan Negeri di Atas Awan

Begitu juga saat berhubungan intim, robeknya selaput dara pertama kali saat berhubungan intim juga tidak harus ditandai dengan keluarnya bercak darah.

Pasalnya, ada selaput dara yang masih perawan juga tidak mengeluarkan darah karena pada saat berhubungan tidak sampai menyentuh pembuluh darah pada area miss V.

"Berdarah juga tidak selalu orang yang masih perawan itu berdarah, tergantung robekannya, kalau robekannya pada titik yang mengandung pembuluh darah, maka biasanya tidak akan berdarah padahal dia masih perawan," pungkasnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga