adplus-dvertising

Ini Cara Daftar Ikut Upacara HUT RI ke-77 di Istana Kepresidenan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 02 Agustus 2022
609 dilihat
Ini Cara Daftar Ikut Upacara HUT RI ke-77 di Istana Kepresidenan
Upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Kepresidenan. Foto: Dok. Setpres

" Sekretariat Presiden secara resmi membuka pendaftaran bagi warga yang ingin mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Kepresidenan, Jakarta "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sekretariat Presiden secara resmi membuka pendaftaran bagi warga yang ingin mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Cara agar ikut upacara HUT RI melalui laman www.pandang.istanapresiden.go.id. Dengan mendaftar, masyarakat bisa memilih ikut secara fisik (luring) atau virtual (daring).

Sebagaimana dikutip dari tayangan video peluncuran Pandang Istana di Jakarta, Selasa (2/8/2022), pendaftaran resmi dibuka bagi masyarakat melalui laman www.pandang.istanapresiden.go.id pada Selasa, 2 Agustus 2022, pukul 10.30 WIB.


"Mari bergabung bersama kami dalam memperingati detik-detik proklamasi yang ke-77 di pandang.istanapresiden.go.id," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dikutip dari Suara.com.

Masyarakat yang mendapat undangan secara fisik akan diajak untuk mengikuti langsung secara fisik Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka.

Heru mengatakan, undangan untuk berpartisipasi secara fisik diberikan dalam jumlah terbatas.

Untuk undangan upacara secara fisik, Istana menyediakan 2.500 undangan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 Republik Indonesia dan 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

Sedangkan untuk mengikuti upacara secara virtual, Istana menyediakan 77 ribu undangan bagi masyarakat.

"Di tahun ini harapan kami bisa diikuti oleh 77 ribu undangan virtual dan wajib mengikuti di situ ada hiburan, dan di luar itu juga masyarakat bisa berinteraksi sesama, kita berikan kesempatan berinteraksi, berdiskusi, dan berbicara satu sama lain. Mungkin ada yang dari Aceh, dari Ambon, itu bisa bertemu walaupun dari kejauhan, tapi kita mempersatukan di dalam sebuah acara virtual memperingati 17 Agustus," papar Heru.

Jumlah undangan virtual tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 40 ribu.

Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana menjelaskan, penambahan undangan tersebut dikarenakan tingginya animo masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam upacara HUT Kemerdekaan RI.

"Animo masyarakat untuk hadir dan ikut menyemarakkan hari ulang tahun Republik Indonesia sangat tinggi. Bukan hanya masyarakat di Jakarta, masyarakat di daerah, masyarakat dari Sabang sampai Merauke, bahkan masyarakat diaspora yang tinggal di luar negeri juga ingin sekali hadir di upacara virtual dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan," ungkap Yusuf.

Lebih lanjut, Yusuf mengatakan, pemohon yang mendaftar untuk kuota undangan tersebut akan terlebih dahulu dilakukan verifikasi data dan kemudian memperoleh pesan melalui WhatsApp serta surat elektronik yang berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya upacara secara langsung, serta melalui konferensi video, dan informasi detail pengambilan undangan fisik.

Baca Juga: Rapimnas JMSI, Erick Thohir: Media Siber Harus Ikut Jaga Demokrasi

"Tak hanya itu, Sekretariat Presiden juga akan memberikan berbagai macam hadiah dengan berbagai kategori kepada beberapa pemenang, dan hadiah hiburan bagi 100 orang pertama yang bergabung pada upacara virtual Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 dan 100 orang pertama yang bergabung pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, selain itu akan ada hiburan yang sangat menarik," tutur Yusuf.

Melansir kompas.com, berikut sejumlah syarat bagi masyarakat yang ingin menyaksikan acara tersebut secara langsung di Istana Merdeka:

- Melakukan registrasi daring di laman pandang.istanapresiden.go.id.

- Undangan berlaku untuk satu orang.

- Minimal berusia 18 tahun dan tidak diperkenankan membawa balita.

- Membawa undangan resmi pada saat upacara.

- Undangan dapat diambil di Gedung Krida Bhakti sesuai jadwal yang akan diinformasikan melalui e-mail dan WhatsApp.

- Pengambilan undangan tidak dapat diwakilkan.

- Menunjukkan hasil negatif swab antigen kepada petugas pada hari H.

- Telah melakukan vaksin dosis ketiga atau booster.

- Dianjurkan mengenakan pakaian nasional atau baju adat.

- Membawa kartu identitas diri (KTP, SIM, Paspor, aatu lainnya) pada saat pengambilan undangan dan hari H.

- Menempati tempat duduk sesuai blok yang tertera di undangan.

- Tidak membawa makanan dan minuman dari luar.

- Menjaga suasana tetap kondusif saat upacara berlangsung.

Baca Juga: Aturan Pemasangan Bendera Merah Putih dari Jadwal hingga Ukuran

Cara daftar untuk menyaksikan Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka:

- Buka laman pandang.istanapresiden.go.id.

- Cari dan pilih menu "Daftar sekarang".

- Pilih "Daftar upacara hadir langsung".

- Baca dan pahami alur pendaftaran.

- Mengisi formulir berisi nama negara, provinsi, kota/kabupaten, nama lengkap, jenis kelamin, nomor ponsel (WhatsApp), ketik ulang nomor ponsel (WhatsApp), alamat e-mail, ketik ulang alamat e-mail, profesi, NIK. 

- Unggah foto KTP dan swafoto sembari memegang KTP, sesuai contoh yang diberikan. 

- Pilih jadwal yang diinginkan: Upacara Penaikan Bendera pukul 09.00 WIB atau Upacara Penurunan Bendera pukul 14.00 WIB.

- Alasan mengikuti

- Beri centang pada bagian "Dengan melanjutkan, saya siap mematuhi persyaratan dan ketentuan yang telah saya baca dan pahami".

- Pilih "Simpan".

Harap diperhatikan bahwa link konfirmasi akan dikirim ke e-mail yang telah dimasukkan ke formulir pendaftaran. 

Calon peserta wajib menjalani proses verifikasi terlebih dahulu. Jika dinyatakan lolos, maka proses selanjutnya adalah pengambilan undangan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga