Ini Cara Orang Tua Cegah Anak Jadi PSK Online, Nomor Dua Sering Diabaikan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
Ini Cara Orang Tua Cegah Anak Jadi PSK Online, Nomor Dua Sering Diabaikan
Ilustrasi remaja terjerumus menjadi PSK online. Untuk mencegah hal itu orang tua punya peranan penting salah satunya adalah membekali dengan ilmu agama. Foto: Repro Antara

" Dunia Pekerja Seks Komersial (PSK) online sekarang sudah tak lazim lagi dijumpai, banyak remaja yang terjebak dalam dunia PSK online ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Dunia Pekerja Seks Komersial (PSK) online sekarang sudah tak lazim lagi dijumpai, banyak remaja yang terjebak dalam dunia PSK online ini.

Untuk itu orang tua punya peranan penting dalam mencegah anak terjerumus kedalam PSK online. Berikut Telisik.id merangkum cara mencegah anak jadi PSK online dilansir dari berbagai sumber.

1. Membekali Ilmu Agama

Melansir Sindonews.com, membekali dengan Ilmu Agama Setiap agama pasti mengajarkan hal-hal baik untuk umatnya. Melalui agama, para orang tua dapat mencegah anak dari kasus prostitusi online. Sejak usia dini, tanamkan nilai-nilai agama pada anak.

Orang tua dapat memberikan nasihat dengan beberapa kutipan ayat yang terdapat pada kitab suci untuk disampaikan kepada sang anak sesuai usianya. Hal ini bisa menjadi pedoman untuk anak lebih berhati-hati sehingga tidak melakukan hal yang menyimpang.

Baca Juga: Akibat PMK, Harga Kambing Kurban di Kota Kendari Naik 20 Persen

2. Memberi Kasih Sayang yang Lebih

Memberi Kasih Sayang yang Lebih Kasih sayang adalah hal yang dibutuhkan oleh seorang anak. Dengan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua, anak pun terpenuhi kebutuhannya akan rasa dicintai dan diperhatikan.

Kasih sayang dari orang tua yang berlimpah sejak ia kecil akan terus dikenang oleh sang anak hingga dewasa. Hal ini menjadi solusi bagi anak ketika mendapat pengaruh buruk dari luar.

Baca Juga: 103 Lokasi Disiapkan Tempat Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kota Kendari

3. Memupuk dengan Pendidikan

Melansir Indonesiatoday.co.id, memupuk anak dengan pendidikan adalah salah satu cara yang dilakukan agar terhindar dari prostitusi online. Pendidikan yang dimiliki sang anak ini diharapkan nantinya mampu menjadi bekal untuk mendapatkan taraf hidup yang lebih baik.

4. Memposisikan Diri sebagai Teman Diskusi

Orang tua sebaiknya menempatkan diri sebagai teman diskusi anak. Cara ini membantu orang tua untuk mengenal kebutuhan yang diperlukan sang anak. Selain itu, diharapkan orang tua juga mengenal lingkungan pergaulan anaknya. Kenali siapa temannya, baik di dunia nyata maupun dunia maya karena anak zaman sekarang sangat akrab dengan media sosial. Orang tua dapat memberikan pengetahuan tentang penggunaan media sosial yang baik. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Baca Juga