Ini Daftar Negara Rayakan Lebaran Idul Fitri Hari Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 22 April 2023
0 dilihat
Ini Daftar Negara Rayakan Lebaran Idul Fitri Hari Ini
Sebagian besar negara di Asia Tenggara merayakan Idul Fitri pada hari ini, Sabtu (22/4/2023). Foto: Repro Tribunnews.com

" Selain Indonesia, beberapa negara juga merayakan Idul Fitri pada hari ini, Sabtu (22/4/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia bukan satu-satunya negara yang merayakan Lebaran 2023 pada hari ini, Sabtu (22/4/2023). Ada beberapa negara lain di dunia yang juga merayakan.

Berikut ini beberapa negara yang merayakan lebaran pada hari ini dikutip dari Kompas.com dan Detik.com:

1. Australia

Menurut sebuah pernyataan oleh Dewan Fatwa Australia, keputusan tersebut didasarkan pada perhitungan astronomi yang menunjukkan bahwa bulan sabit tidak akan terlihat pada Kamis malam.

2. Brunei Darussalam

Negara berdaulat Brunei telah mengumumkan Sabtu, 22 April 2023 sebagai hari pertama Idul Fitri. Negara akan menandai 22 April sebagai hari pertama festival Islam karena penampakan bulan sabit Syawal belum terbukti di negara itu.

Sekelompok 25 ahli astronomi dari 13 negara Arab telah bersama-sama menyatakan bahwa bulan sabit di bulan Syawal tidak dapat dilihat hari Kamis 20 April dengan mata telanjang di wilayah Arab dan Islam.

3. Indonesia

Bulan sabit atau hilal awal Syawal tidak terlihat pada Kamis, 20 April 2023 dari Indonesia. Hal ini menjadikan Sabtu, 22 April 2023 sebagai hari raya Idul Fitri di negara ini.

4. Iran

Iran telah mengumumkan bahwa Sabtu, 22 April 2023 adalah hari raya Idul Fitri. Hal ini karena penampakan bulan sabit belum dikonfirmasi.

Baca Juga: Lebaran Idul Fitri Arab Saudi Diperkirakan Sama dengan Indonesia, Hari Sabtu 22 April 2023

5. Jepang

Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023 di Jepang. Hal ini karena bulan tidak terlihat pada hari Kamis.

6. Libya

Libya telah mengumumkan bahwa Sabtu, 22 April 2023 adalah hari Idul Fitri. Hal ini karena penampakan bulan sabit belum dikonfirmasi.

7. Thailand

Di Thailand, Sheikhul Islam dari Thailand, Aziz Phitakkumpon juga menyatakan Sabtu sebagai hari pertama Hari Raya Idul Fitri di negara itu, setelah dipastikan bulan sabit baru tidak terlihat.

"Maka dengan proses yang wajar, saya nyatakan Sabtu sebagai hari pertama Idul Fitri," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip dari Bernama.

8. Malaysia

Sama seperti Indonesia, Malaysia juga melaksanakan Idul Fitri 2023 pada Sabtu 22 April.

9. Maroko

Kerajaan Maroko mengumumkan bahwa Sabtu, 22 April, adalah hari Idul Fitri di negara tersebut.

Baca Juga: Ini Jadwal Libur Lebaran, Libur Sekolah dan Cuti Bersama 2023

10. Oman

Oman juga menjadi negara Islam yang telah mengumumkan jika Sabtu, 22 April 2023 sebagai hari raya Idul Fitri 1444 H. Sebelumnya, Oman telah mengumumkan libur Idul Fitri untuk pegawai di lingkungan pemerintah dan swasta, mulai Kamis, 20 April hingga Senin, 24 April 2023.

11. Pakistan

Sabtu, 22 April, akan menjadi hari raya Idul Fitri di Pakistan, karena tidak adanya bukti penampakan bulan sabit pada tanggal 21 April 2023.

12. Filipina

Hari raya Idul Fitri di Filipina jatuh pada hari Sabtu, menurut Bangsamoro Darul-Ifta', Dewan Penasihat Islam Daerah Otonomi Bangsamoro di Muslim Mindanao (BARMM). Shiek Abuhuraira Udasan, Mufti Agung wilayah Bangsamoro, mengatakan bulan sabit tidak terlihat pada Kamis.

13. Singapura

Umat ??Islam di Singapura akan merayakan Idul Fitri pada Sabtu, 22 April 2023, karena bulan sabit Syawal tidak terlihat pada Kamis. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga