Viral: Wanita Ini Dirias jadi Pengantin Adat Buton Hasilnya Mulus Tanpa Celah, Hiasan Kepala Bikin Kaget

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 16 Mei 2023
0 dilihat
Viral: Wanita Ini Dirias jadi Pengantin Adat Buton Hasilnya Mulus Tanpa Celah, Hiasan Kepala Bikin Kaget
Video seorang wanita dirias adat Buton, Sulawesi Tenggara, viral di media sosial. Foto: Screenshot video

" Viral di TikTok, seorang wanita dirias menjadi pengantin adat Buton dengan ciri khas mengenakan hiasan kepala yang unik "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu makeup pengantin yang banyak diminati adalah makeup dengan look tradisional sesuai adat masing-masing mempelai.

Look tradisional yang paling sering digunakan kebanyakan dari adat Jawa dan Sunda. Terbukti dari banyaknya video maupun foto pengantin Sunda atau Jawa di media sosial.

Setiap pengantin tradisional punya look atau penampilan yang berbeda. Pengantin Sunda misalnya yang khas dengan siger atau hiasan kepala yang cantik. Pengantin Jawa dengan paes serta sanggul yang bikin penampilan makin cantik.

Sebenarnya masih banyak pengantin adat lain dari Indonesia yang nggak kalah cantik dan unik, salah satu di video satu ini.

Dilihat Telisik.id dari akun TikTok @waodesherlymuzdal pada Selasa (16/5/2023), seorang wanita dirias menjadi pengantin adat Buton dengan ciri khas mengenakan hiasan kepala yang unik.

Baca Juga: Viral Momen Ijab Kabul Mas Kawin Kucing

Sebelum wajahnya dirias, bagian kepala atau kening pengantin dirias menggunakan tinta hitam. Modelnya memang mirip seperti paes, tapi di daerah Buton biasa disebut sebagai popungu, yakni sebuah ukiran poni di atas kening.

Bagi mereka yang menjalani prosesi adat di pernikahannya, poni tersebut harus dibuat dari rambut asli. Namun ada juga yang sudah dimodifikasi seperti pengantin Buton versi hijab.

Setelah bagian kepala sudah dirias, berikutnya baru merias wajah sang pengantin. Mulai dari mengenakan base seperti foundation, bedak, dan alis. Bagian jerawat pada wajah tertutup dengan rapi meski tanpa alas bedak yang tebal.

Setelah selesai dirias, kepala sang pengantin diberi hiasan yang biasa disebut sebagai tipolo. Di dalam tipolo ada hiasan lain di antaranya bigi atau penyanggah bunga, patiga, gulu-gulu, dan bunga ija.

Baju yang dikenakan adalah baju kombo yang merupakan pakaian adat dari Buton beserta dengan aksesori lainnya. Melansir Brilio.net, penampilan wajah sang pengantin juga berubah menjadi lebih mulus dan cerah.

Video tersebut pun telah di tonton hingga 13 juta kali dan mendapat 5727 komentar.

Baca Juga: Viral: Bocah Naik Motor Sambil Baca Al-Qur'an, Warganet: Mengantar Orang Tuanya ke Surga

"Pertama liat kaget aku. Ternyata akunya yang belum pernah liat ada adat pengantin Buton. Kagum aku sama adat di Indonesia ini," tulis Ahmadarif.

"Jadi para pemirsa adat Buton harus bgt yaa harus pake rambut asli daerah Sulawesi Tenggara ya," timpal akun Bukanorang.

"Takut banget gue," tulis Barbeigmus. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga