Ini Dampaknya Jika Nekat Pakai Body Lotion untuk Pelumas Seks

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 14 Juli 2023
0 dilihat
Ini Dampaknya Jika Nekat Pakai Body Lotion untuk Pelumas Seks
Meski aman dibalurkan pada penis, body lotion tak dianjurkan untuk dipakai sebagai pelumas saat berhubungan seks. Foto: Repro Suara.com

" Penggunaan body lotion untuk penetrasi atau masturbasi vulva, tidak dianjurkan, karena menimbulkan beberapa efek negatif "

KENDARI, TELISIK.ID – Vagina kering dapat mengurangi rasa nikmat saat berhubungan seks. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah membalurkan pelumas seks.

Sayangnya, tak semua orang punya lubrikan atau pelumas seks. Beberapa orang menyiasatinya dengan menggunakan body lotion karena teksturnya yang sama-sama melicinkan.

Lantas, apakah penggunaan body lotion sebagai pelumas untuk berhubungan seks aman bagi kesehatan?

Dikutip dari Suara.com-jaringan Telisik.id, melansir laman Womens Health, penggunaan body lotion untuk kebutuhan mastrubasi para pria dinilai aman.

Hal ini karena penggunaannya hanya dipakai pada bagian luarnya. Akan tetapi, penggunaan body lotion untuk penetrasi atau masturbasi vulva, justru tidak dianjurkan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pelumas Seks yang Aman

Pasalnya, body lotion memiliki sifat yang melembabkan. Kandungan ini akan membuat bagian kulit menjadi lembab dan tidak kering. Namun, untuk penggunaan pada organ intim akan berdampak buruk, khususnya bagi Miss V.

Dengan menggunakan body lotion untuk masturbasi vulva atau penetrasi, nantinya akan memengaruhi keseimbangan pH Miss V. Sifatnya yang lembab akan membuat pertumbuhan bakteri menjadi berlebih. Ini juga yang berisiko menyebabkan iritasi ataupun infeksi dalam tubuh.

Tidak hanya itu, penggunaan body lotion juga sangat tidak cocok untuk kulit sensitif. Itu bisa membuat kulit menjadi iritasi dan berisiko timbulkan berbagai masalah lainnya.

Hal ini karena bahan dalam body lotion memang tidak dibuat untuk organ intim atau pelumas ketika penetrasi. Dalam body lotion juga mengandung minyak mineral yang biasa digunakan sebagai produk perawatan kulit.

Kandungan ini sangat tidak cocok jika dipakai sebagai pelumas agar mempermudah penetrasi. Sebagian body lotion juga mengandung pewangi di dalamnya.

Kandungan tersebut tidak menjamin kesehatan dan keamanan untuk kulit dan organ intim. Untuk itu, jika penggunaan body lotion untuk pelumas, lebih baik dihindari.

Pasangan bisa menggunakan pelumas yang dibuat khusus untuk penetrasi. Hal ini karena pelumas memiliki kandungan yang memberikan hidrasi pada jaringan kulit internal. Oleh karena itu, penggunaan pelumas khusus untuk hubungan seks lebih dianjurkan.

Dilansir dari Lifestyle.solopos.com, dikutip dari National South Wales Government, ada beberapa jenis pelumas seks yang bisa kamu pilih, yakni pelumas berbasis air, silikon, atau minyak.  

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Body Lotion Digunakan Sebagai Pelumas Seks

Setiap jenisnya, punya keuntungan dan kelemahan masing-masing. Contohnya, jika kamu atau pasangan punya riwayat infeksi jamur, hindari pelumas berbasis air.

Alasannya, karena ada kandungan gliserin yang sering memicu infeksi jamur di kelamin. Sementara jika kamu atau pasangan menggunakan kondom, tidak direkomendasikan untuk memilih pelumas berbasis minyak.

Pasalnya, minyak dapat melemahkan lateks yang membuat kondom jadi mudah robek. Kemudian untuk pelumas berbasis silikon, baiknya tidak kamu pilih jika ingin menggunakan mainan seks. Silikon dapat menyebabkan mainan seks jadi rusak. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga