Ini Akibatnya Jika Body Lotion Digunakan Sebagai Pelumas Seks

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 11 Mei 2023
0 dilihat
Ini Akibatnya Jika Body Lotion Digunakan Sebagai Pelumas Seks
Meski teksturnya licin, body lotion ternyata tak aman digunakan sebagai pelumas seks, apalagi masuk ke dalam organ intim wanita. Foto: Repro Briliobeauty.net

" Jika body lotion yang digunakan sebagai pelumas kulit sensitif juga masih tidak aman, termasuk produk untuk bayi "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak sedikit orang yang menggunakan body lotion sebagai pelumas seks, karena barang tersebut lebih murah dan mudah didapat. Pelumas digunakan untuk melicinkan dan mengurangi rasa sakit saat penetrasi berhubungan seks.

Dilansir dari Amp.suara.com, melansir laman Womens Health, penggunaan body lotion sebenarnya aman-aman saja untuk mastrubasi pria karena penggunaannya hanya di bagian luar atau eksternal Mr P.

Namun, penggunaan body lotion untuk peneterasi atau mastrubasi vulva tidak dianjurkan. Hal ini karena body lotion bersifat pelembab. Body lotion mengandung bahan yang memberikan hidrasi sehingga kulit tidak kering.

Namun, penggunaannya untuk alat kelamin tidak begitu baik. Kandungan yang terdapat pada body lotion dapat mengganggu keseimbangan pH Miss V. Hal ini mendorong adanya pertumbuhan bakteri berlebih sehingga berisiko sebabkan iritasi ataupun infeksi. Oleh sebab itu, penggunaan body lotion sebagai pelumas tidak dianjurkan karena berbahaya bagi kesehatan area intim.

Jika body lotion yang digunakan sebagai pelumas kulit sensitif juga masih tidak aman, termasuk produk untuk bayi. Hal ini karena memang bahan yang terdapat dalam body lotion tidak cocok untuk penetrasi.

Penting untuk diketahui, pada umumnya body lotion juga mengandung minyak mineral yang biasa digunakan sebagai produk perawatan kulit. Kandungan ini juga tidak sesuai jika digunakan untuk penetrasi pada Miss V.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pelumas Seks yang Aman

Bahkan, kandungan minyak itu justru mengandung bahan yang membuat iritasi. Alasan lain mengapa body lotion tidak aman karena beberapa produk sudah menambahkan zat pewangi di dalamnya.

Zat pewangi ini belum tentu aman bagi kulit, bahkan bisa mengiritasi. Meski sama-sama licin layaknya pelumas, keduanya sangat berbeda. Pelumas memiliki kandungan yang memberikan hidrasi pada jaringan kulit internal.

Selain itu, pelumas juga memang dirancang khusus untuk penetrasi saat berhubungan seks. Oleh sebab itu, penggunaannya untuk penetrasi Miss V lebih aman dan sehat.

Sementara dikutip dari Liputan6.com, selain body lotion, beberapa bahan ini tidak boleh digunakan sebagai pelumas seks.

1. Sabun cair dan hand sanitiser

Jika Anda berpikir dua produk ini aman untuk bagian intim tubuh, pikir ulang deh. Memasukkan kedua bahan ini ke vagina bisa mengganggu keseimbangan vagina serta menyebabkan sensasi terbakar pada area vagina dan kulit penis.

2. Air Liur

Dalam banyak adegan film-film panas, mungkin Anda pernah melihat scene pasangan yang menggunakan air liur sebagai pelumas. Sayangnya, cara ini tidak terlalu tepat.

Baca Juga: Pelumas Alami agar Aksi Ranjang Kian Licin

"Air liur bisa membuat kulit terasa kering, hal ini membuat seks jadi terasa menyakitkan," kata Megan.

3. Minyak kelapa

Pasti Anda sudah tahu bahwa minyak kelapa memiliki seabrek manfaat, tapi apakah bisa digunakan sebagai pelumas?

"Minyak kelapa mengandung antibakteri dan antijamur bisa mengacaukan flora vagina. Lalu, bagi sebagian orang minyak kelapa bisa menyebabkan kulit iritasi," kata Megan.

Satu lagi, jika Anda menggunakan minyak kelapa sebagai pelumas, bakal bisa merusak kondom. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga