Ini Jadwal Pendaftaran Maba UHO Tahun 2020

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 14 Januari 2020
0 dilihat
Ini Jadwal Pendaftaran Maba UHO Tahun 2020
Penerimaan mahasiswa baru UHO tahun ini melalui jalur UTBK, akan dibuka 30 Maret mendatang. Foto: Repro google.com

" Setelah sekolah dan siswa membuat akun, finalisasi data dan dilanjutkan dengan pengisian PDSS. Maka siswa tersebut dapat mendaftar di PTN melalui jalur SNMPTN, dibuka pada 11 Februari sampai 25 Februari. Dan pengumuman hasil SNMPTN pada 4 April 2020 mendatang. "

KENDARI, TELISIK.ID – Agar tidak terjadi kesulitan saat melakukan pendaftaran di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), khususnya di Universitas Halu Oleo (UHO), para pendaftar diharapkan tidak hanya memperhatikan jadwalnya saja tetapi juga tata cara pendaftarannya.

Wakil Rektor (WR) I UHO, La Hamimu mengatkan, setelah sekolah dan siswa melakukan pendaftaran akun dan finalisasi data untuk mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)  yang berakhir pada 9 Januari lalu, pihak sekolah selanjutnya diwajibkan melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang akan dibuka pada 13 Januari sampai 6 Februari mendatang.

Ia menambahkan, dalam rentang waktu pengisian PDSS, pihak sekolah juga diwajibkan melakukan pemeringkatan siswa sesuai dengan kuota yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui panitia pusat yang merujuk akreditasi masing-masing sekolah.

Baca Juga: Pengakuan Muhammad Sutamin yang Ditodong Pistol Oleh Oknum TNI AL

"Setelah sekolah dan siswa membuat akun, finalisasi data dan dilanjutkan dengan pengisian PDSS. Maka siswa tersebut dapat mendaftar di PTN melalui jalur SNMPTN, dibuka pada 11 Februari sampai 25 Februari. Dan pengumuman hasil SNMPTN pada 4 April 2020 mendatang," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/1/2020).

Selain itu, bagi siswa yang tidak sempat melakukan pendaftaran SNMPTN, jangan berkecil hati, sebab untuk masuk di PTN masih terbuka khususnya di UHO melalui jalur  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Yang membedakan jalur SNMPTN dan SBMPTN, kalau SNMPTN dia bebas tes yang proses seleksinya dilakukan di sekolah berdasarkan rangking, sedangkan SBMPTN memakai sistem seleksi Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang persyaratannya sudah ditentukan oleh panitia pusat," ucapnya.

Untuk registrasi akun di LTMPT sebagai syarat mengikuti seleksi jalur SBMPTN dijadwalkan pada 7 Februari sampai 5 April 2020. Sedangkan pendaftaran UTBK dibuka pada 30 Maret sampai 11 April 2020, dan pengumuman seleksinya sendiri resmi diumumkan pada 12 Mei 2020 mendatang.

“Siswa yang ingin mendaftar di PTN khususnya di UHO, harus mengetahui segala informasi terkait jadwal dan tata cara pendaftaran, sehingga tidak kesulitan nantinya,” harapnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga