Ini Lima Daerah Terbanyak Kasus COVID-19 di Sultra

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 15 November 2020
0 dilihat
Ini Lima Daerah Terbanyak Kasus COVID-19 di Sultra
Jubir Satgas COVID-19 Sultra, dokter Laode Wayong Rabiul Awal. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Kami ingin menyoroti lima kabupaten dan kota yang berkontribusi terhadap 56 persen dari kasus kumulatif COVID-19 se-Sultra yang ternyata ada di dua kota dan tiga kabupaten di Sultra. "

KENDARI, TELISIK.ID - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara, Dokter Laode Wayong Rabiul Awal mengatakan, ada lima daerah di Sultra yang selama ini menyumbang kasus COVID-19 terbanyak.

Kelima daerah tersebut ialah Kota Kendari 3.028 kasus, Kota Baubau 575 kasus, Kolaka 410 kasus, Konawe 312 kasus dan Kabupaten Kolaka Utara 299 kasus.

"Kami ingin menyoroti lima kabupaten dan kota yang berkontribusi terhadap 56 persen dari kasus kumulatif COVID-19 se-Sultra yang ternyata ada di dua kota dan tiga kabupaten di Sultra,” terang Dokter Rabiul Awal kepada Telisik.id, Minggu (15/11/2020).

Menurutnya, kelima daerah tersebut juga menyumbang pasien positif COVID-19 terbanyak pada 3 bulan terakhir, dimana terdapat penambahan yang cukup signifikan.

Untuk itu, Dokter Rabiul Awal meminta para wali kota dan bupati di lima daerah tersebut bekerja lebih keras untuk menekan laju penularan COVID-19 agar kasus di Sultra tak terus bertambah.

"Seperti yang kami sampaikan, pemerintah daerah adalah memegang kendali terhadap situasi yang ada di daerah masing-masing,” ungkapnya.

Baca juga: Hari Ini, 9 Pasien COVID-19 di Sultra Sembuh

Dokter Wayong juga meminta kepada masyarakat tetap taat protokol kesehatan untuk meringankan tugas para dokter dan tenaga medis dalam merawat penderita COVID-19.

"Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas tenaga medis dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," tegasnya.

Orang yang sehat, tambah Dokter Rabiul Awal, memiliki imunitas yang baik tidak akan sakit akibat COVID-19, namun justru menjadi orang tanpa gejala yang menularkannya kepada orang-orang yang rentan.

Karena itu pemerintah mewajibkan agar setiap orang mengenakan masker selama pandemi COVID-19 ini agar orang-orang yang rentan tidak tertular COVID-19.

"Orang yang rentan ini di antaranya mereka yang lanjut usia, usia balita, orang yang menderita penyakit kronis dan imunitas rendah," jelasnya. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga