Ini Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 25 April 2020
0 dilihat
Ini Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa
Buah kurma sebagai menu wajib saat berbuka puasa. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Dengan konsumsi kurma, kita tidak perlu lagi minum air dalam jumlah banyak saat berbuka. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kurma menjadi salah satu makanan "primadona" yang dicari di bulan Ramadan. Buah satu ini diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jadi tak heran saat berbuka puasa umat Islam dianjurkan mengonsumsi kurma.

Dokter Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Kota Kendari, dr. Sofyan Natsir mengungkapkan, seharian berpuasa tubuh mengalami kekurangan zat gula, sehingga kurma menjadi alternatif untuk mengganti zat gula yang hilang itu.

Pasalnya, kata dia, hasil penelitian kimia dan fisiologi menyimpulkan bahwa, berbuka dengan kurma memberikan unsur gula pada tubuh dalam jumlah besar. Sehingga, tanda-tanda kekurangan zat pada tubuh pun hilang dan badan dapat kembali aktif.

Saat seseorang berpuasa, tambah dia, otomatis lambung dan usus kosong yang membuat organ kedua ini mampu menyerap unsur-unsur gula sederhana dalam waktu singkat. 

Apalagi, orang yang berpuasa juga akan kehilangan unsur gula sebagai unsur kekuatan dan vitalitas penting yang mengalami perubahan pada saat berbuka dan sahur dengan gizi-gizi alternatif. Karena itu puasa bermanfaat bagi penderita diabetes.

Baca juga: Kurma Basah Vs Kurma Kering, Mana Lebih Bernutrisi?

Sehingga dengan adanya sari kurma dan kandungan air dalam kurma muda dengan kadar tinggi, 65 hingga 70 persen, yang dikonsumsi saat berbuka dapat memberikan pasokan udara pada tubuh dalam jumlah lumayan.  

"Dengan konsumsi kurma, kita tidak perlu lagi minum air dalam jumlah banyak saat berbuka," katanya, Sabtu (25/4/2020).

Selain itu, ia melanjutkan, kurma dapat dicerna dan diserap dengan cepat, sekitar satu jam. Orang yang mengonsumsi kurma akan segera memperoleh energi, pengganti unsur-unsur mineral, vitamin, dan karbohidrat. 

"Bahkan, kandungan sellulose yang ada pada kurma juga membantu lambung untuk melakukan pencernaan dan pembersihan," lanjutnya.

Olehnya itu, Rasulullah menganjurkan berbuka lebih dulu dengan kurma muda atau kurma matang, karena pada saat itu orang kehilangan cadangan gula selama sehari penuh.  

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga