Ini Negara dengan Gelandangan Paling Banyak di Dunia, Ada Indonesia?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 19 Februari 2022
0 dilihat
Ini Negara dengan Gelandangan Paling Banyak di Dunia, Ada Indonesia?
Gelandangan yang menetap di sekitar jalan Los Angeles. Foto: Repro Headtopic

" Berdasarkan data United Nation Department of Economic and Social Affairs, 1,6 miliar orang di seluruh dunia hidup dengan kondisi tempat tinggal yang tidak memadai "

KENDARI, TELISIK.ID - Tunawisma atau yang biasa disebut sebagai gelandangan adalah orang yang tidak mempunyai tempat tinggal yang layak. Mereka biasanya ditemukan di jalanan, di kolong jembatan, maupun sudut-sudut sepi pertokoan.

Berdasarkan data United Nation Department of Economic and Social Affairs, 1,6 miliar orang di seluruh dunia hidup dengan kondisi tempat tinggal yang tidak memadai, dan sekitar 15 juta orang diusir paksa setiap tahunnya.

Tentu tunawisma merupakan masalah umum yang dihadapi banyak negara di seluruh dunia. Namun, di beberapa negara ini, jumlah tunawisma menyentuh angka mengkhawatirkan.

Berikut Telisik.id merangkum negara dengan gelandangan terbanyak di dunia dilansir dari berbagai sumber.

1. Filipina

Melansir Liputan6.com, menurut data dari jumlah gelandangan dunia, Manila mempunyai populasi 22, 8 juta orang yang tinggal di pemukiman kumuh. Namun menurut laporan pemerintah Filipina, 1, 2 juta  adalah anak-anak yang hidup dengan mengemis atau menjajakan dagangan di jalanan. Dari jumlah sebanyak itu, 70 ribu di antaranya berasal dari kota Metro Manila sendiri.

2. India

India menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak dan terpadat di dunia. Dikutip dari Worldometer, India menempati posisi kedua dengan jumlah penduduk mencapai 1.400.307.355 jiwa. Namun, banyaknya populasi manusia ini juga dibarengi dengan membludaknya jumlah tunawisma yang menjamur di negeri Bollywood itu.

Diketahui ada 23 juta gelandangan di India, sementara di Mumbai 25.000 orang tidur di jalanan. Terjadi penggusuran 53.700 rumah demi upaya “mempercantik kota” dari permukiman bebas kumuh di tahun 2017.

Baca Juga: Ibu Hamil Ini Tancapkan Paku di Kepala Demi Lahirkan Anak Laki-Laki, Dengar Saran dari Dukun

3. Amerika Serikat

Dilansir dari Sindonews.com, menjadi salah satu negara paling maju ternyata tidak membuat Amerika Serikat lepas dari masalah sosial seperti gelandangan. Di New York, sebanyak 80.000 pria, wanita, dan anak-anak tidak memiliki tempat tinggal.

Di Los Angeles, jumlah tunawisma mencapai 27.000 orang. Sementara dari BBC, 7% tunawisma di Amerika adalah mahasiswa yang terlantar di gedung atau mobil. Hal ini bisa terjadi karena kurang rasa inisiatif dari pemerintah akan bantuan perumahan bagi masyarakatnya yang tidak memiliki tempat bermukim yang layak.

Baca Juga: Pesta dengan Puluhan PSK, Legenda Sepakbola Ini Hamburkan Uang Rp 250 Juta

4. Rusia

Tunawisma menjadi masalah yang sudah mendarah-daging di Rusia, namun sampai sekarang tidak terselesaikan. Berdasarkan Federasi Rusia Tahun 2010, tercatat ada sekitar 64.000 tunawisma.

Namun, jika diperkirakan lagi, 3,5?ri populasi masyarakat Rusia adalah orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal. Dari 144,5 juta penduduk Rusia, 13,3% hidup di bawah garis kemiskinan.

Para tunawisma ini kehilangan dokumen hukum seperti paspor dan izin tinggal, yang membuat mereka tidak bisa menggunakan layanan sosial pemerintah. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang masih tersisa dari Perang Dunia II. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga