Ini Panduan Terbaru CDC Jika Belajar Tatap Muka Dimulai

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 31 Maret 2021
0 dilihat
Ini Panduan Terbaru CDC Jika Belajar Tatap Muka Dimulai
Ilustrasi sekolah tatap muka. Foto: Repro Pixabay

" Mereka memperbarui aturan ini berdasar perkembangan bukti ilmiah terbaru tentang kemungkinan berapa jarak penularan yang mungkin terjadi pada berbagai keadaan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah pusat melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri, Menteri Pendidikan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menko PMK menargetkan pembukaan sekolah terbatas pada Juli 2021.

Merespon hal ini, Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI sekaligus Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Tjandra Yoga Aditama, berharap pemerintah menyimak panduan terbaru pembukaan sekolah dari Center of Disease Control (CDC) Amerika Serikat pada 19 Maret 2021 lalu.

"Mereka memperbarui aturan ini berdasar perkembangan bukti ilmiah terbaru tentang kemungkinan berapa jarak penularan yang mungkin terjadi pada berbagai keadaan," terang Prof. Yoga dilansir Suara.com jaringan telisik.id, Rabu (31/3/2021)

Panduan CDC yang baru ini menyebutkan tentang jaga jarak di sekolah, sebagai berikut:

1. Pada Sekolah Dasar, setidaknya ada jarak 3 kaki atau sekitar 1 meter.

2. Pada SMP dan SMA, murid harus jaga jarak setidaknya 3 kaki atau sekitar 1 meter, pada area yang mereka sebut sebagai penularan masyarakat rendah, sedang dan cukup. Pada area dengan penularan masyarakat yang tinggi maka jarak antar murid sebaiknya 6 kaki atau 1.8288 meter.

3. Jarak 6 kaki atau 1,8 meter harus tetap dijaga antara orang dewasa (guru dan staf sekolah), antara orang dewasa dan murid di sekolah, kalau masker tidak digunakan (misalnya ketika makan).

Baca juga: 5 Asosiasi Kritik Desain Istana Negara Bentuk Garuda di Kaltim

Lalu, pada keadaan dimana orang banyak mengeluarkan napas (seperti bernyanyi, berteriak, olahraga, dan lain-lain) di ruang tertutup dan sebaiknya kalau ada kegiatan seperti ini dilakukan di ruang terbuka saja.

"Juga dianjurkan agar barang-barang tidak penting dikeluarkan dari kelas dan dilakukan modifikasi di kelas untuk menjamin jaga jarak antar murid," terang Prof. Yoga.

"Tentu juga harus dihilangkan atau dikurangi interaksi yang tidak terlalu penting, seperti makan pada saat yang sama dan lain-lain. Tamu yang datang ke sekolah juga harus dibatasi, yang amat perlu saja," lanjutnya.

Tidak hanya itu ada 4 panduan lain yang disampaikan CDC Amerika, seperti:

1. Perlu diatur jam giliran sekolah supaya tidak terlalu penuh murid di sekolah pada suatu waktu tertentu.

2. Berbagai aturan rinci lain tentang penggunaan masker dan cuci tangan.

3. Kebersihan lingkungan, bangku, kelas, dan sekolah.

4. Prosedur kemungkinan tes dan penelusuran kasus bila diperlukan.

"Karena di Amerika Serikat ada bis sekolah, maka juga dibuat aturan di dalam bis, seperti jarak antar kursi yang boleh diduduki, penggunaan masker, jendela bis dibuka," pungkas Prof. Yoga. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga