Ini Penekanan Polresta Kendari untuk Pengamanan Pilkada 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 09 Juli 2024
0 dilihat
Ini Penekanan Polresta Kendari untuk Pengamanan Pilkada 2024
Kapolresta Kendari, Kombes Pol Aris Tri Yunarko, saat rakor pengamanan pilkada 2024. Foto: Ist.

" Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), di Aula Wira Pratama "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), di Aula Wira Pratama, Selasa (9/7/2024).

Rakor ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Kendari Kombes Pol Aris Tri Yunarko, dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari TNI, Pemerintah Kota Kendari, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kapolresta Kendari menekankan pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara semua pihak dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Baca Juga: Harga Cabai di Pasar Kota Kendari Melonjak, Sayuran Anjlok

Ia juga mengingatkan seluruh pihak untuk menjaga netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas masing-masing.

"Kita perlu meningkatkan sinergitas baik antara aparat TNI-Polri, Pemerintah Kota, KPU, Bawaslu dan seluruh komponen masyarakat untuk menjaga staliblitas keamanan dengan cara bekerja sama dan komunikasi yang baik, saling kordinasi serta kolaborasi sehingga apa yang diharapkan masyarakat pilkada yang aman, nyaman, tertib, lancar dan kondusif bisa diwujudkan," ujar Kapolresta Kendari.

Kapolresta Kendari juga menyampaikan beberapa poin penting terkait pengamanan Pilkada 2024, di antaranya aparat keamanan harus selalu siaga dan siap sedia untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pilkada.

Selain itu, Pemerintah Kota Kendari diharapkan dapat memberikan dukungan penuh kepada aparat keamanan dalam hal logistik dan personel. Kemudian, KPU dan Bawaslu harus melaksanakan tugasnya secara profesional dan transparan agar tercipta Pilkada yang adil dan jujur.

Lebih lanjut, Kapolresta Kendari juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa selama pelaksanaan Pilkada. Ia meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu SARA dan politik uang.

Baca Juga: Bakal Calon Wali Kota Kendari Ishak Ismail Dianggap Ingkar Janji, Ini Penjelasannya

"Hal-hal negatif dalam pilkada tidak akan terjadi apabil kita sering menyampaikan kepada tetangga, rekan kerja, para tokoh agama, tokoh masyarakat maupun tokoh adat bahwa di era demokrasi ini perbedaan pilihan menjadi suatu hal yang lumrah tidak perlu dibesar - besarkan yang intinya persatuan dan kesatuan diatas segala-galanya," jelas Kapolresta Kendari.

Rakor ini diharapkan dapat menghasilkan strategi dan langkah-langkah yang tepat dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 di wilayah hukum Polresta Kendari.

Dengan sinergitas, netralitas, dan partisipasi aktif dari semua pihak, diharapkan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga