Ini Penyebab Suhu Panas yang Terjadi di Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 25 April 2023
0 dilihat
Ini Penyebab Suhu Panas yang Terjadi di Indonesia
Bangladesh menjadi negara dengan suhu tertinggi mencapai 51 derajat Celcius. Indonesia sendiri tidak mengalami gelombang panas, tetapi suhu maksimum udara permukaan juga tergolong panas. Foto: Repro Cnbcindonesia.com

" Indonesia terasa lebih panas. Terlebih ketika siang hari, matahari bersinar terik dan menyengat kulit "

JAKARTA, TELISIK.ID - Beberapa negara Asia selama seminggu terakhir ini mengalami cuaca ekstrem bahkan hal itu juga dikhawatirkan akan terjadi di Indonesia.

Melansir Kompas.com, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), indeks sinar ultraviolet (UV) di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jakarta, akan berada di level 8-10 atau very high atau berisiko bahaya sangat tinggi.

Indeks UV wilayah Jakarta akan memasuki level 3-5 dengan warna skala kuning atau moderate (risiko bahaya sedang) mulai pukul 09.00 WIB. "Tingkat bahaya sedang bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung," tulis penjelasan BMKG.

Mulai memasuki pukul 10.00 WIB, indeks UV wilayah DKI Jakarta memasuki level 6-7 dengan skala oranye yang artinya berisiko bahaya tinggi atau high.

"Tingkat bahaya tinggi bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung, diperlukan pelindung untuk menghindari kerusakan mata dan kulit," tulis BMKG.

Baca Juga: Malaysia Dilanda Gelombang Panas, Bagaimana Nasib Indonesia?

Indonesia terasa lebih panas. Terlebih ketika siang hari, matahari bersinar terik dan menyengat kulit. Indonesia sendiri tidak mengalami gelombang panas, tetapi suhu maksimum udara permukaan juga tergolong panas.

Berikut penyebab suhu panas di Indonesia dikutip daro Detik.com:

Dinamika atmosfer yang tidak biasa

Suhu panas pada April 2023 di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari. Lonjakan panas 2023 merupakan yang terparah.

Tren pemanasan global dan perubahan iklim yang menimbulkan gelombang panas. Gelombang panas ini berisiko terjadi 30 kali lebih sering.

Baca Juga: Suhu Panas di Indonesia Terjadi Akhir-akhir Ini, Ilmuwan Ungkap Alasannya

Indonesia memasuki musim kemarau karena dominasi angin monsun Australia.

Intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

"Ciputat, Tangerang Selatan mencatat suhu maksimum harian tertinggi pada dasarian II April, tepatnya pada tanggal 17 April 2023," terang BMKG. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga