Ini Sosok 6 Jenderal Bikin Ferdy Sambo dan Istrinya Tak Berkutik, Ada Calon Kapolri

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 26 Agustus 2022
0 dilihat
Ini Sosok 6 Jenderal Bikin Ferdy Sambo dan Istrinya Tak Berkutik, Ada Calon Kapolri
Beberapa sosok Jenderal ini buat Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan berencana Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat tak berkutik. Foto: Repro Fajar.co.id

" Di balik terbongkarnya rekayasa Ferdy Sambo dalam kasus terbunuhnya Brigadir J, ternyata ada sosok 6 jenderal yang berperan penting "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan berencana Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat resmi dipecat dari institusi Polri.

Melansir Kompas.com, keputusan pemecatan atau pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap Sambo diputuskan melalui sidang komisi kode etik Polri (KKEP) yang digelar sejak Kamis pagi hingga Jumat (27/8/2022) dini hari tadi.

Diketahui, sebelumnya Polri juga telah menetapkan lima tersangka dalam kasus pembunuhan Brigdir J. Para tersangka yakni Ferdy Sambo dan istrinya, Bharada E, Bripka RR, serta Kuat Ma'ruf.

Lima tersangka itu dijerat pasal pembunuhan berencana yakni Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 juncto Pasal 56 UU KUHP.

Di balik terbongkarnya rekayasa Ferdy Sambo ternyata ada sosok 6 jenderal yang berperan penting. Berikut Telisik.id merangkumnya dilansir dari berbagai sumber.

1. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono

Melansir Terasgorontalo.com, Komjen Gatot Eddy Pramono adalah orang yang dipercayakan oleh Kapolri untuk mengisi jabatan Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri.

Ia adalah jenderal bintang tiga dalam tubuh Polri saat ini. Selain itu, Gatot Eddy Pramono juga adalah ketua Tim Khusus yang dibentuk oleh Kapolri untuk mengusut tuntas kasus Brigadir J.

Baca Juga: Suami Dipecat dari Polri, Tersangka Putri Cendrawathi Diperiksa Hari Ini

Komjen Gatot menjabat sebagai Wakapolri sejak 7 Januari 2020. Komjen Gatot lahir di Solok, Sumatera Barat pada 28 Juni 1965 atau saat ini berusia 57 tahun. Ia merupakan alumni Akpol tahun 1988.

2. Dankor Brimob Komjen Anang Revandoko

Jenderal yang kedua adalah Komjen Anang Revandoko. Ia adalah Komandan Koorps (Dankor) Brimob Polri saat ini.

Anang Revandoko adalah bos dari Bharada E yang merupakan salah satu tersangka dalam kasus Brigadir J. Sebelum menjadi Dankor Brimob, Anang Revandoko adalah seorang Kepala Kepolisian Daerah di Kalimantan Tengah pada 2017-2019.

3. Kabareskrim Komjen Agus Andrianto

Sosok Kabareskrim Komjen Agus Andrianto adalah orang yang membongkar semua rekayasa dari Irjen Ferdy Sambo.

Ia juga adalah sosok yang paling getol membuka tabir kematian Brigadir J di rumah mantan Kadiv Propam Polri itu.

Selain itu, Agus juga adalah orang yang membongkar peran dari istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi dalam kasus Brigadir J.

Komjen Polisi Agus Andrianto merupakan salah satu tim khusus yang dibentuk oleh Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut kasus kematian Brigadir J. Jenjang karir gemilangnya membuat Agus Andrianto disebut-sebut sebagai salah satu calon Kapolri.

4. Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto.

Komjen Agung Budi Maryoto adalah orang yang diduga mengancam mundur dari Polri jika Irjen Ferdy Sambo tak ditetapkan sebagai tersangka.

Namanya terus dikenal pasca mengumumkan Putri Candrawathi istri dari Ferdy Sambo sebagai tersangka dalam kasus kematian Brigadir J.

Ia juga diyakini sebagai sosok Jendral polisi yang dibicarakan oleh Menpolhukam Mahfud MD yaitu seorang jenderal bintang tiga yang mengancam akan mundur dari jabatannya jika Kapolri tidak menetapkan Ferdy Sambo jadi tersangka serta tidak dijebloskan ke penjara.  

Baca Juga: Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri, Bungkam Usai Sidang Kode Etik

5. Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri.

Komjen Ahmad Dofiri adalah jenderal bintang tiga yang ikut membongkar kasus kematian Brigadir J.

Bahkan, Ahmad Dofiri adalah salah satu jenderal yang berhasil membujuk Bharada E untuk jujur tentang apa yang sebenarnya terjadi di rumah Ferdy Sambo.

Akhirnya setelah dibujuk oleh Komjen Ahmad Dofiri, Bharada E pun bernyanyi dan membuat Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka.

6. Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo.

Jenderal yang terakhir ikut berperan dalam kasus Brigadir J adalah Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo. Ia adalah orang yang paling banyak menerima telepon maupun menghadapi media dalam kasus Brigadir J. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga