Ini Tempat Terbaik Letakkan Air Purifier di Rumah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 05 November 2023
0 dilihat
Ini Tempat Terbaik Letakkan Air Purifier di Rumah
Air purifier atau pembersih udara merupakan solusi cepat dan efektif membersihkan polutan di udara serta meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Foto: Repro djkn.kemenkeu.go.id

" Lokasi terbaik meletakkan air purifier di rumah adalah di tengah ruangan, jauh dari dinding dan furnitur besar "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika kualitas udara di rumah Anda buruk, Anda bisa mencoba produk air purifier. Air purifier atau pembersih udara merupakan solusi cepat dan efektif membersihkan polutan di udara serta meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih.

Saat Anda membeli air purifier, Anda tak boleh sembarangan menyimpannya. Lokasi terbaik meletakkan air purifier di rumah adalah di tengah ruangan, jauh dari dinding dan furnitur besar. Hal ini dapat memastikan membersihkan udara secara merata di seluruh ruangan.

Berikut tempat yang cocok meletakkan air putifier dikutip dari Reviewusatoday.com dan kompas.com:

1. Berikan ruang

Anda memerlukan sirkulasi udara yang baik untuk menghilangkan polusi, menjadikan penempatan alat pembersih udara sebagai langkah awal yang penting agar berhasil mencapai udara dalam ruangan yang lebih bersih.

Baca Juga: Susu Kemasan Bukan Susu Murni?

Meskipun terlihat lebih rapi, menempatkan alat pembersih udara di sudut yang tersembunyi dapat menghalangi masuknya udara dan mengganggu aliran udara segar yang keluar.

Berikan ruang di sekitar ventilasi untuk memaksimalkan kinerja. Jarak beberapa kaki adalah pilihan yang ideal, namun Anda mungkin perlu berkompromi untuk menghindari bahaya tersandung.

2. Sesuaikan ukuran air purifier dengan ruangan

Tentu saja, lokasi terbaik meletakkan air purifier bergantung pada cara penghuni rumah menggunakan ruangan, seperti tempat menghabiskan sebagian besar waktu di rumah, di antaranya ruang keluarga, ruang tamu, dan kamar tidur.

Selain itu, sesuaikan ukuran air purifier dengan ruangan agar berfungsi dan mendapat manfaat yang maksimal. Apabila ruangan berukuran besar, pertimbangkan membeli air purifier yang lebih besar atau dua air purifier untuk menjangkau ruangan.

3. Letakkan di ruangan paling sering Anda beraktivitas

Para ilmuwan di UCLA menemukan bahwa pada siang hari, kita menghabiskan banyak waktu di dekat TV atau di dapur. Jadi, saat mempertimbangkan dimana akan meletakkan alat pembersih udara di rumah Anda, prioritaskan juga ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur.

Baca Juga: Penderita Diabetes Perlu Hindari Sayuran Ini

Anda dapat meminimalkan jumlah alat pembersih udara yang Anda perlukan dengan menempatkan unit portabel di tempat yang paling sering Anda gunakan saat ini.

4. Simpan di dekat sumber polusi

Jendela dan pintu yang terbuka bagus untuk ventilasi, namun juga dapat mengundang polutan luar ruangan. Menempatkan alat pembersih udara di dekat titik masuk ini akan membatasi masalah.

Kisaran gas juga dapat mengurangi kualitas udara dalam ruangan. Alat pembersih udara dapur serta ventilasi yang baik akan membantu mengurangi masalah tersebut.

Terakhir, kelembapan tinggi atau titik lembap di ruang bawah tanah dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan menyebarkan spora jamur di udara. Jika Anda memiliki masalah kelembapan penting untuk mengendalikan jamur, dan alat pembersih udara terdekat akan menangkap spora jamur sebelum menyebar. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga