Ini Update Terkini Resuffle Kabinet Jokowi 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Ini Update Terkini Resuffle Kabinet Jokowi 2023
Presiden Joko Widodo santer dikabarkan akan mengumumkan resuffle kabinet. Beberapa bulan terakhir, publik berspekulasi Jokowi bakal merombak kabinet imbas dukungan NasDem ke Anies Baswedan di Pilpres 2024. Foto: Repro Menpan.go.id

" Jokowi tak menampik akan mengganti beberapa menterinya. Jokowi mengakui, ada kinerja menterinya yang perlu dievaluasi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo santer dikabarkan akan mengumumkan resuffle kabinet. Jokowi sendiri tak menampik jika akan mengganti beberapa menterinya. Jokowi mengakui, ada kinerja menterinya yang perlu dievaluasi.

Dikutip dari Tempo.co, Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menilai hal itu merupakan hasil dari pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di Istana Negara pada Kamis pekan lalu, 26 Januari 2023.

Menurut Arifki, pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh tersebut menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan dua pihak.

“Asumsinya, menteri dari NasDem dipertahankan, lalu NasDem bakal menjaga Jokowi sampai dengan tahun 2024,” kata Arifki dalam keterangannya, dikutip dari Tempo.co.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin Bakal Kembali Dilakukan

Selain itu, dia menyebut Jokowi akan kehilangan partai politik yang bisa diajak kompromi jika NasDem didepak dari pemerintahan. Walaupun Jokowi merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), namun Jokowi mudah membangun kesempatan dengan NasDem dan Golkar.

Melansir Liputan6.com, pada beberapa bulan terakhir, publik berspekulasi Jokowi bakal merombak kabinet imbas dukungan NasDem ke Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Baca Juga: Maju Pilpres 2024, Menteri Kabinet Jokowi Wajib Mundur

Saat ini, ada tiga menteri dari NasDem yang duduk di kursi kabinet. Ketiganya yakni, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Spekulasi publik ini diamini oleh peneliti Saiful Mujani Research and Consulting, Saidiman Ahmad. Menurutnya, Anies Baswdan adalah figur politik oposisi saat ini. Ditambah lagi slogan yang diusung partai koalisi pendukung Anies Baswedan, termasuk NasDem adalah tentang perubahan. 

Saidiman mengatakan, lamanya pengumuman reshuffle kabinet oleh Jokowi bisa jadi menunggu kepastian sikap NasDem. Sebab saat ini NasDem justru lebih banyak bertemu dengan partai koalisi pemerintah ketimbang PKS dan Demokrat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga