Ini yang Dilakukan Rasulullah Ketika Terjadi Gempa Bumi

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 27 Maret 2022
0 dilihat
Ini yang Dilakukan Rasulullah Ketika Terjadi Gempa Bumi
Umar bin Abdul Azis menyatakan gempa itu sebagai teguran keras dari Allah kepada seluruh umat. Foto: Repro Sindonews.com

" Ketika terjadi gempa bumi, Rasulullah meletakkan tangannya di atas bumi, seraya bersabda: "Tenanglah, karena waktumu belum tiba". Kemudian, Nabi berpaling kepada para sahabatnya dan bersabda: "Sesungguhnya Rabb kalian benar-benar sedang menegur kalian, maka perhatikanlah teguran-Nya" "

KENDARI, TELISIK.ID - Gempa bumi tak hanya terjadi di zaman sekarang. Di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, gempa juga pernah terjadi. Gempa kemudian terjadi lagi pada zaman sahabat Nabi SAW, Umar bin Khattab Radhiyallahu Anhu.

Dikutip Republika.co.id dari buku Ad-Daa wad Dawaa karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Ibnu Abid Dun-ya menyebutkan sebuah hadis mursal, diriwayatkan secara bersambung oleh al-Hakim dari jalur Baqiyyah, dari Yazid al-Juhani, dari Anas.

Bahwasanya pernah terjadi gempa bumi pada zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. Beliau pun meletakkan tangannya di atas bumi, seraya bersabda: "Tenanglah, karena waktumu belum tiba". Kemudian, Nabi berpaling kepada para sahabatnya dan bersabda: "Sesungguhnya Rabb kalian benar-benar sedang menegur kalian, maka perhatikanlah teguran-Nya".

Setelah itu, terjadi lagi gempa bumi di masa Umar bin Khattab, lalu beliau berkata, 'Wahai sekalian manusia, tidaklah gempa ini terjadi melainkan karena perbuatan kalian. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, jika peristiwa ini kembali terulang, niscaya aku tidak ingin tinggal bersama kalian lagi di tempat ini, untuk selama-lamanya".

Baca Juga: Jangan Sia-siakan, Ini 7 Keutamaan Puasa Ramadan

Disebutkan dalam Manaqib Umar, karya Ibnu Abid Dun-ya, bahwasanya pernah terjadi gempa bumi di zaman Umar. Beliau segera mengentakkan tangannya ke tanah, seraya berseru, "Apa yang terjadi denganmu? Apa yang terjadi denganmu? Ingatlah, jika terjadi kiamat, pasti bumi akan menceritakan beritanya. Sebab, aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

'Jika terjadi hari kiamat, maka tidak ada sehasta dan sejengkal tanah pun melainkan ia (bumi) akan memberitakannya'.

Baca Juga: Baca Doa Ini Ketika Terjadi Gempa, Mohon Perlindungan pada Allah SWT

Melansir Umma.id, di zaman Khalifah Umar Bin Abdul Azis juga pernah terjadi bencana gempa bumi. Beliau mengatakan kepada seluruh umat di penjuru negeri agar senantiasa meningkatkan ketakwaan pasca gempa bumi mengguncang.

Karena Umar bin Abdul Azis menyatakan gempa itu sebagai teguran keras kepada seluruh umat ciptaan Allah. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga