Intip Besaran Mahar Menikahi Wanita di Arab Saudi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 Mei 2024
0 dilihat
Intip Besaran Mahar Menikahi Wanita di Arab Saudi
Mahar yang diberikan kepada wanita Arab Saudi yang ingin dinikahi terbilang cukup tinggi. Foto: Repro Hidayatullah.com

" Memberikan mahar kepada wanita yang ingin dinikahi menjadi hal yang patut dilakukan. Setiap daerah atau negara memiliki besaran yang berbeda dalam memberikan mahar ini, termasuk di Arab Saudi "

KENDARI, TELISIK.ID - Memberikan mahar kepada wanita yang ingin dinikahi menjadi hal yang patut dilakukan. Setiap daerah atau negara memiliki besaran yang berbeda dalam memberikan mahar ini, termasuk di Arab Saudi.

Tata cara pernikahan di Arab Saudi, dikutip dari iNewsKutai, mirip dengan di Indonesia di mana calon pengantin pria wajib menyerahkan mahar kepada mempelai perempuan.

Adapun mahar ini bisa diartikan seserahan atau harta yang diberikan oleh satu pihak ke pihak lain untuk tujuan menyelenggarakan pernikahan.

Baca Juga: Sosok Ebrahim Raisi: Presiden Iran dan Ulama Garis Keras Tewas dalam Kecelakaan Helikopter Buatan Amerika

Pada negara Arab Saudi, dikutip dari sindonews.com, sebelum menyampaikan besaran mahar yang diminta keluarga pengantin wanita memeriksa terlebih dahulu status yang dimiliki pengantin pria.

Bagi wanita Arab Saudi, rata-rata mahar yang harus dikeluarkan pihak pengantin pria adalah sekitar 40.000 Riyal - 50.000 Riyal atau dalam rupiah berkisar antara Rp150 juta sampai Rp190 juta.

Selain itu, ada juga beberapa keluarga pengantin perempuan yang meminta mahar sampai dengan 100.000 Riyal atau sekitar Rp380 juta.

Umumnya, mahar tersebut diberikan pengantin pria dalam bentuk uang. Namun, jika pihak keluarga pengantin wanita menghendaki untuk diberikan dalam bentuk lain, maka pihak pengantin pria akan memberikan dalam bentuk emas.

Baca Juga: Warga Israel Bongkar dan Injak-Injak Indomie Bantuan Siap Dibagikan untuk Palestina

Tradisi memberikan mahar dengan besaran tertentu sebenarnya menjadi tradisi lama warga Arab Saudi yang secara turun temurun dilanjutkan kepada generasi setelah mereka. Hanya saja, dalam perjalanannya, beberapa keluarga pengantin wanita mencoba menghentikan tradisi pemberian mahar tersebut.

Namun, untuk tetap menjaga sebagian dari tradisinya, pihak pengantin wanita meminta jumlah mahar yang lebih sedikit daripada jumlah mahar yang umum diberikan.

Nah, itulah sedikit penjelasan informasi tentang besaran mahar bagi yang ingin meminang wanita di Arab Saudi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga