Irwasda Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Yun Imanullah Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-75

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 19 Desember 2023
0 dilihat
Irwasda Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Yun Imanullah Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-75
Irwasda Polda Sulawesi Tenggara, Pol Yun Imanullah, saat memimpin upacara Hari Bela Negara ke-75. Foto: Kolase

" Hari Bela Negara bukan sekedar peringatan, tetapi momentum untuk bersatu dan berkontribusi positif demi cita-cita Indonesia maju "

KENDARI, TELISIK.ID - Suasana kegembiraan dan semangat juang memenuhi Lapangan Apel Presisi Mapolda Sulawesi Tenggara Selasa, (19/12/2023). Inspektorat Pengawasan Daerah (Irwasda) Kombes Pol Yun Imanullah, bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75.

Dalam momen yang bersejarah ini, Irwasda tidak hanya sekadar menjadi pemimpin upacara, tetapi juga menjadi penyalur amanat Presiden RI Joko Widodo. Dengan gagah berani, membacakan pesan dari kepala negara, yang menekankan bahwa Hari Bela Negara bukan sekedar peringatan, tetapi momentum untuk bersatu dan berkontribusi positif demi cita-cita Indonesia maju.

Jokowi mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi Indonesia tidak hanya bersifat fisik, melainkan juga melibatkan ancaman tak kasat mata seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi (AI), dan krisis iklim.

"Pandemi, konflik global, revolusi teknologi (AI), hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara," ucapnya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: 16 Casis Bintara Rekpro 2023 Polda Sulawesi Tenggara Lulus Terpilih

Irwasda menegaskan bahwa jiwa bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi merupakan panggilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dalam memahami situasi yang tidak menentu, dia mengajak semua elemen masyarakat untuk memiliki semangat bela negara sebagai pilar utama.

Menurut Irwasda, partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat adalah kunci menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela negara di Indonesia tidak hanya terkait dengan aspek militer, melainkan juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Diretrestnarkoba Polda Sulawesi Tenggara Hancurkan 1.390 Gram Sabu

"Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara," pungkas Jokowi, melalui pesan yang dibacakan Irwasda Polda Sulawesi Tenggara.

Dengan semangat ini, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat bersama-sama menjaga keutuhan dan kejayaan Tanah Air. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga