Jajaki Kerja Sama Serius, Republik Seychelles Bakal Survei ke Wakatobi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Selasa, 29 Maret 2022
0 dilihat
Jajaki Kerja Sama Serius, Republik Seychelles Bakal Survei ke Wakatobi
Bupati Wakatobi bersama Dubes Republik Seychelles saat pertemuan membahas LoI. Foto: Ist.

" Republik Seychelles sedang berusaha menjajaki kerja sama yang serius dengan Kabupaten Wakatobi dalam pengembangan ekonomi biru "

WAKATOBI, TELISIK.ID- Republik Seychelles sedang berusaha menjajaki kerja sama yang serius dengan Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam pengembangan ekonomi biru (Blue Economy Development)).

Hal ini dibenarkan oleh Bupati Wakatobi, Haliana. Menurutnya, hal ini sejalan dengan strategi Kabupaten Wakatobi untuk mempercepat pembangunan pariwisata.

“Dalam waktu dekat Insya Allah akan ada  rangkaian kunjungan survei lapangan ke Wakatobi yang akan difasilitasi oleh pihak Seychelles untuk mendalami potensi dan peluang yang dimiliki Wakatobi guna merealisasikan kerja sama investasi di Wakatobi meliputi sektor perikanan, sektor pariwisata, pengembangan energi baru terbaharukan dan pengembangan produk kreatif,” ungkap Haliana, Selasa (29/3/2022).

Dia mengungkapkan, kerja sama ini merupakan pencapaian bagi Wakatobi. Terlebih dukungan dari Pemerintah Republik Seychelles melalui utusan khusus Seychelles untuk ASEAN dan Indonesia yang dikenal telah bermitra secara resmi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam pengembangan ekonomi biru seperti investasi pariwisata, pengembangan industri perikanan, energi baru terbaharukan dan pengembangan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Hadapi Ramadan, Tim PID Muna Jaga Ketersediaan Bahan Pokok dan Kestabilan Harga

“Semoga kerja sama ini membawa manfaat dan berkah bagi akselarasi pembangunan daerah menuju pencapaian visi Wakatobi Sentosa yang mengacu kepada prinsip pembangunan daerah yang inklusif dan berkelanjutan,” harapnya.

Baca Juga: Terpilih Secara Aklamasi, Wabup Butur Pimpin PMI Buton Utara

Sebelumnya pada Senin 28 Maret kemarin, Bupati Wakatobi bertemu dengan utusan khusus Republik Seychelles untuk ASEAN dan Republik Indonesia, Mr. Nico Barito. Pertemuan tersebut membahas secara intens menyangkut action plan program kerja sama  dan dukungan Republik Seychelles untuk Wakatobi berkaitan dengan pembangunan kemaritiman berbasis ekonomi biru di Wakatobi. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga