Jakor Festival Ramaikan Lippo Plaza Kendari 2022

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 17 Desember 2022
0 dilihat
Jakor Festival Ramaikan Lippo Plaza Kendari 2022
Nampak, milenial berburu pernak-pernik asal Jepang dan Korea, Jakor festival ini digelar selama Sabtu-Minggu (18/12/2022). Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Jepang-Korea (Jakor) merupakan suatu komunitas gabungan antara penggemar Korea dan Jepang. Jakor sudah diselenggarakan beberapa tahun sejak 2017, namun sempat berhenti saat COVID-19 merebak di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Jepang-Korea (Jakor) merupakan suatu komunitas gabungan antara penggemar Korea dan Jepang. Jakor sudah diselenggarakan beberapa tahun sejak 2017, namun sempat berhenti saat COVID-19 merebak di Indonesia.

Festival ini merupakan kali kedua yang digelar di tahun yang sama. Sebelumnya pernah dilakukan di Januari 2022. Festival yang digelar di Lippo Plaza Kendari ramai dikunjungi kaum milenial. Festival ini menyuguhkan berbagai kegiatan, dalam rangka memperingati agenda tahunan bagi penggemar K-pop dan J-pop.

Berbagai rangkaian acara yang ditampilkan, namun yang menarik perhatian adalah acara ini banyak dikunjungi kaum milenial dengan range usia rata-rata 18-25 tahun.

Baca Juga: Mantan Wali Kota Kendari Sulkarnain Punya Jabatan Baru

Tak sedikit juga menampilkan cosplay anime dengan merias dan memakai pakaian khas anime asal Jepang. Dari pantauan di lapangan, nampak kaum milenial memenuhi lantai satu Lippo Plaza, terdengar teriakan sembari musim Kpop dan J-pop mengiringi acara festival ini.

Berbagai komunitas turut meramaikan seperti Forza, Mangaken, Tuff e nuff, J-music, Oc team, Jack, Ukli, Ffck, dan Yx, di mana dari beberapa komunitas ini menampilkan ciri khasnya masing-masing seperti cover dance, nyanyian, serta aneka pernak-pernik khas Korea dan Jepang.

Selain itu, pengunjung disuguhkan dengan pernak pernik asal kedua negara tersebut. Bahkan kalender asal boyband dan girlband negari ginseng diburu para penggemar. Aksesoris lain seperti bandana dan kuliner asal kedua negara juga tak luput dari para penggemar yang membeli.

Anak-anak milenial yang turut hadir dan meramaikan kegiatan festival ini bahkan rela berdesak-desakan memenuhi tempat yang telah disediakan oleh panitia, antusiasme yang cukup besar ini membuat para panitia beberapa kali menegur dan mengarahkan penonton untuk tidak melewati batas yang ditetapkan panitia sehingga keamanan dan ketertiban tetap terjaga.

Ketua Panitia Jakor Festival, Gip mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu rutinitas akhir tahun, ia menyebut jika festival ini bisa menjadi healing anak-anak milenial dari segala aktivitas sehari-hari.

Seorang pengunjung Nadira juga mengungkapkan hal yang sama, ia dan teman-temannya berkunjung untuk turut meramaikan festival akhir tahun dan ikut membeli beberapa souvenir dan pernak-pernik yang dijual.

Pengunjung lainnya, bibi yang menggunakan Cosplay mengaku hanya datang dan meramaikan, ia juga nampak memakai pakaian cosplay kesukaannya.

Baca Juga: Membangun Emansipasi Perempuan Melalui HUT DWP ke-23

"Datang seru-seruan saja, kebetulan banyak yang hadir terutama fans Kpop dan J-pop," tuturnya, Sabtu (17/12/2022) malam.  

Festival ini digelar selama dua hari dimulai Sabtu-Minggu (18/12/2022) malam yang berlangsung sejak 14.00- 21.00 Wita.

Meski beberapa waktu lalu Lippo plaza sempat sepi dan hanya dihadiri oleh beberapa orang saja. Namun, sejak Jakor festival digelar, nampak memenuhi hampir seluruh lantai satu acara ini. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga