Jangan Bersiul untuk Goda Wanita di Negara Ini, Bisa Kena Denda Rp 79 Juta

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 24 Februari 2022
0 dilihat
Jangan Bersiul untuk Goda Wanita di Negara Ini, Bisa Kena Denda Rp 79 Juta
Ilustrasi mendekati wanita dengan siulan. Foto: Repro Tribunnews

" Pemerintah Perancis menganggap serius siulan menggoda atau perilaku cat-calling yang kerap dilakukan oleh kaum pria, sebagai sebuah pelecehan verbal "

PARIS, TELISIK. ID - Kalau sedang berada di Perancis, jangan melakukan siulan terhadap wanita. 

Pasalnya, Pemerintah Perancis menganggap serius siulan menggoda atau perilaku cat-calling yang kerap dilakukan oleh kaum pria, sebagai sebuah pelecehan verbal.

Karena itu, beberapa waktu lalu, Perancis mengumumkan akan memberlakukan denda bagi mereka yang melakukan catcall, dan atau perilaku tidak pantas di ruang publik.

"Ini sungguh diperlukan, karena saat ini pelecehan di jalan tidak terdapat dalam undang-undang. Kita tahu kapan kita merasa terintimidasi, tidak aman, dan dilecehkan ketika berada di jalan," tutur sekretaris untuk kesetaraan gender Perancis, Marlene Schiappa, dilansir dari Travel and Leisure.

Baca Juga: Pria Ini Potong Kelaminnya Sendiri Pakai Gunting Akibat Mabuk Ganja

Sebagai tindak lanjut dari aturan ini, disebutkan, tim gabungan antar partai yang terdiri atas lima anggota parlemen akan bekerjasama dengan pihak kepolisian dan hakim.

Mereka akan menentukan besaran denda, dan hukuman apa yang sesuai serta mampu dilaksanakan oleh petugas kepolisian nantinya.

Schiappa menambahkan bahwa pihak kepolisian akan menindaklanjuti segala keluhan dari perempuan.

Baca Juga: Wanita Ini Punya Banyak Suami, Saat Berhubungan Badan Punya Kode Khusus

Bahkan, pria yang menguntit dan berulang kali meminta nomor telepon juga akan diberi denda.

“Tingkat denda merupakan bagian dari diskusi kami. Dua puluh euro akan sedikit memalukan, €5,000 (Rp 79 juta) bisa untuk mencegah. Untuk saat ini banyak pria yang mengatakan ‘Ini bukan masalah besar, kami cuma bersenang-senang’ dan kami mengatakan ‘Tidak’, untuk itu,” tuturnya dilansir dari Bogordailyne. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga