Tips Pakai AC Saat Cuaca Panas agar Tagihan Listrik Tak Bengkak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 10 Juni 2023
0 dilihat
Tips Pakai AC Saat Cuaca Panas agar Tagihan Listrik Tak Bengkak
Menyalakan AC di siang hari dalam jangka waktu yang lama tentu akan membuat tagihan listrik melonjak di akhir bulan. Ada beberapa langkah yang dapat ambil untuk memaksimalkan penggunaan AC. Foto: Kompas.com

" Cuaca panas yang ekstrem dapat membuat kita tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi. Di situasi cuaca panas, AC (Air Conditioner) menjadi penyelamat utama untuk menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan di dalam rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Cuaca panas yang ekstrem dapat membuat kita tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi. Di situasi cuaca panas, AC (Air Conditioner) menjadi penyelamat utama untuk menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan di dalam rumah.

Namun, menyalakan AC di siang hari dalam jangka waktu yang lama tentu akan membuat tagihan listrik melonjak di akhir bulan. Ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk memaksimalkan penggunaan AC dan menjaga efisiensi energi seperti dilansir dari Kompas.com dan konteks.id:

1. Pertahankan Suhu yang Optimal

Setel suhu AC pada tingkat yang nyaman, biasanya antara 23-25 derajat Celsius. Mengatur suhu terlalu rendah hanya akan meningkatkan penggunaan energi tanpa memberikan kenyamanan ekstra.

Baca Juga: Kenali Digital Parenting dan Tips Didik Anak agar Cerdas dan Mandiri

Dalam cuaca panas yang ekstrem, perbedaan suhu yang ekstrem antara dalam dan luar rumah juga dapat membuat tubuh menjadi kaget ketika keluar.

2. Gunakan AC sesuai keperluan

Matikan AC saat tidak digunakan Baik itu AC atau alat lainnya, Anda harus selalu mematikannya tidak digunakan. Kebanyakan orang cenderung mematikan AC dengan remote, tapi itu tidak boleh dilakukan. Sebab, dengan cara ini, banyak listrik yang terbuang ketika kompresor diatur ke 'beban diam' dan pada akhirnya memengaruhi tagihan listrik bulanan.

3. Gunakan timer

Untuk menghindari penggunaan yang berlebihan AC dilengkapi dengan timer alias pengatur waktu. Jadi, lebih baik menggunakan fitur tersebut daripada menyalakan AC sepanjang malam. Selalu merupakan ide yang baik untuk menyetel pengatur waktu selama dua sampai tiga jam sebelum tidur atau di waktu lain. Jadi, saat Anda menyetel pengatur waktu, AC mati setelah waktu tertentu.

Baca Juga: Tips Hadapi Anak Tantrum

4. Gunakan kipas angin untuk sirkulasi udara

Menggunakan kipas angin dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Dengan menggabungkan penggunaan AC dengan kipas angin, kamu dapat mengalirkan udara dingin secara lebih merata dan mengurangi beban kerja AC.

5. Servis AC secara rutin

Semua peralatan membutuhkan servis dan begitu juga AC. Meskipun sebagian besar pabrikan mengklaim bahwa AC tidak perlu sering diservis, itu tidak sepenuhnya benar. Selalu merupakan ide yang baik untuk melakukan servis AC. Sebab, ada kemungkinan besar debu atau partikel lain dapat merusak AC. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga