adplus-dvertising

Jarak Cukup Dekat, Asteroid Raksasa Ikuti Bumi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 02 Februari 2022
575 dilihat
Jarak Cukup Dekat, Asteroid Raksasa Ikuti Bumi
Ilustrasi asteroid yang mendekati bumi. Foto: Repro google.com

" Asteroid seperti ini pertama kali terlihat di sekitar Jupiter dan diberi nama berdasarkan tokoh-tokoh dari Perang Troya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sebuah asteroid Trojan terlihat mengikuti Bumi. Hal itu dikonfirmasi oleh para ilmuwan.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, Asteroid raksasa yang dikenal sebagai 2020 XL5 tersebut tampak mengikuti orbit Bumi.

Para ahli berpikir bahwa jaraknya cukup dekat untuk dikunjungi oleh astronot suatu hari nanti. Asteroid Trojan ini dikenal karena berbagi orbitnya dengan sebuah planet.


Asteroid seperti ini pertama kali terlihat di sekitar Jupiter dan diberi nama berdasarkan tokoh-tokoh dari Perang Troya.

Selain asteroid 2020 XL5, ada satu asteroid Trojan lainnya yang telah terlihat di sekitar Bumi.

Para ilmuwan melihat kandidat Trojan baru pada 12 Desember 2020 dan data telah mengonfirmasi bahwa itu adalah asteroid Trojan Bumi.

"Di sini kami mengonfirmasi bahwa 2020 XL5 yang baru ditemukan adalah Trojan Earth," kata para peneliti dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

Baca Juga: Planet Mirip Bumi Telah Ditemukan, Bisa Ditinggali Manusia?

Sementara itu, dilansir dari New York Post, Rabu (2/2/2022), asteroid tersebut memiliki lebar sekitar 0,73 mil.

Untungnya, asteroid tersebut tidak memiliki dampak buruk bagi Bumi, meskipun terus mengikuti di belakang planet.

Para ilmuwan mengatakan tidak menutup kemungkinan jika manusia dapat mengunjunginya suatu hari nanti dan bahkan membangun pangkalan di asteroid tersebut.

"Objek-objek ini mungkin menjadi target ideal untuk misi luar angkasa di masa depan, di mana manusia dapat menetap untuk membuat pangkalan atau memasang perangkat keras ilmiah," tambah para ilmuwan.

Sayangnya, belum diketahui secara pasti dari mana asteroid tersebut berasal. Namun para ahli menduga bahwa itu terlempar ke Bumi oleh Jupiter.

Baca Juga: Deretan Artis Korea yang Pernah Tinggal di Indonesia, Nomor 2 Bikin Kaget

Tim memprediksi asteroid 2020 XL5 dapat berbagi orbit dengan Bumi selama 4.000 tahun ke depan.

Mengutip kompas.com, asteroid adalah benda berbatu yang berputar mengelilingi Matahari. Ia juga disebut sebagai planetoid atau planet minor, namun ukurannya terlalu kecil untuk disebut planet.

Terdapat jutaan asteroid dengan ukuran yang sangat beragam. Secara total, massa semua asteroid lebih kecil dibandingkan massa Bulan Bumi. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga