Jeda Waktu Perempuan Bisa Hamil Setelah Berhubungan Seks

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 03 Juli 2023
0 dilihat
Jeda Waktu Perempuan Bisa Hamil Setelah Berhubungan Seks
Kehamilan pada perempuan terjadi 15 hari setelah berhubungan seks atau pembuahan. Foto: Haibunda.com

" Seperti yang kita ketahui, kehamilan terjadi akibat pembuahan atau bertemunya sel telur dengan sperma saat berhubungan seks. Meski menjadi faktor utama, kehamilan tak semata-mata terjadi karena pembuahan saja, beberapa variabel lain bisa memengaruhinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Seperti yang kita ketahui, kehamilan terjadi akibat pembuahan atau bertemunya sel telur dengan sperma saat berhubungan seks. Meski menjadi faktor utama, kehamilan tak semata-mata terjadi karena pembuahan saja, beberapa variabel lain bisa memengaruhinya.

Dilansir dari Kompas.com, proses pembuahan bisa segera terjadi setelah tiga menit setelah berhubungan seks atau bisa memakan waktu hingga lima hari.

Sel telur yang telah dibuahi sperma akan menempel di dinding rahim, proses ini dikenal dengan istilah implantasi, setelah 1- hari setelah pembuahan atau 15 hari setelah berhubungan seks.

Baca Juga: Ini Minuman dan Makanan yang Perlu Kamu Hindari Saat Flu

Implantasi ini adalah tahap penting untuk mencapai kehamilan. Tanpa implantasi, sel telur yang sudah dibuahi sperma akan pecah dan dikeluarkan bersama sisa lapisan rahim selama menstruasi.

Setelah proses implantasi terjadi, maka hormon kehamilan akan terbentuk dan janin akan mulai berkembang. Pada fase inilah wanita akan merasakan gejala kehamilan. Setelah implantasi, tubuh juga memproduksi uman chorionic gonadotrophin (hCG) dalam urin Anda. Hormon hCG atau hormon kehamilan biasanya terdeteksi dalam urin setelah enam hingga 14 hari setelah pembuahan.

Nah, di waktu itulah Anda bisa melakukan tes kehamilan. Namun, hasil tes kehamilan biasanya akan lebih akurat jika Anda mulai terlambat menstruasi. Dalam beberapa kasus, hormon hCG tidak bisa dideteksi dalam urin sehingga Anda perlu melakukan tes darah.

Bagaimana cara meningkatkan peluang hamil?

Dikutip dari Pop.grid.id, untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan, Anda bisa melakukan hubungan seks saat masa subur. Berhubungan seks setiap hari tidak akan meningkatkan peluang hamil. Jadi, Anda harus mengetahui kapan saatnya tubuh berada dalam masa subur. Sebab, tubuh menghasilkan sel telur yang siap dibuahi saat masa subur.

Baca Juga: Jus Penurun Kolesterol, Enak dan Mudah Dibuat

Peluang terjadinya pembuahan meningkat jika Anda melakukan hubungan seks minimal lima hari sebelum ovulasi. Namun, kemungkinan tertinggi untuk hamil adalah dengan melakukan seks sehari sebelum sel telur dilepaskan.

Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, Anda juga bisa menggunakan alat pendeteksi masa subur yang kini banyak dijual di toko. Alat tersebut bekerja dengan mendeteksi hormon dalam urin yang menandakan sel telur akan segera keluar.

Anda juga disarankan untuk melakukan seks dua hingga tiga kali setiap minggu untuk memastikan sperma dala kondisi segar dan stabil. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga