Unik, Puluhan Tanaman Bonsai Dipamerkan di Kendari

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 17 Desember 2020
0 dilihat
Unik, Puluhan Tanaman Bonsai Dipamerkan di Kendari
Pegelaran kontes tanaman bonsai di Kendari. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Bonsai ini bagian dari seni, dan ini akan menjadi daya tarik bagi para penghobi bonsai dari penjuru negeri untuk berkunjung ke Kota Kendari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkumpulan Penggemar Bondai Indonesia (PPBI) Cabang Kendari, mengadakan kontes bonsai se-Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pergelaran yang diadakan di Kompleks Ahmad Yani Skure ini, diikuti sekitar puluhan tanaman bonsai dipajang dan dipamerkan. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 18 - 20 Desember mendatang.

Panitia penyelenggara kontes bonsai, Riski Yuda Tama, atau yang lebih akrab disapa Ote mengatakan, kegiatan yang diikuti puluhan peserta se-Kota Kendari ini merupakan upaya untuk menarik wisatawan dan mengakomodasi pencinta tanaman hias.

“Selain sebagai upaya melestarikan tanaman bonsai, ini juga wujud menarik minat para wisatawan yang berkunjung di Kota Kendari," katanya.

Puluhan bonsai dari kolektor dan seniman dipamerkan dan diikutsertakan dalam kontes ini.

“Bonsai ini bagian dari seni, dan ini akan menjadi daya tarik bagi para penghobi bonsai dari penjuru negeri untuk berkunjung ke Kota Kendari,” ujarnya kepada Telisik.id, Kamis (18/12/2020).

Baca juga: Hari Ini, 67 Pasien COVID-19 di Sultra Dinyatakan Sembuh

Ote berharap event ini dapat memberikan edukasi terhadap seni, dan dapat mendongkrak wisata serta nilai tambah ekonomi masyarakat.

Banyak jenis bonsai yang disajikan dalam pegelaran ini. Harganya pun bervariasi mulai dari belasan, hingga puluhan juta bergantung pada nilai seni.

Kontes sekaligus pameran bonsai ini pun menarik perhatian pencinta tanaman hias di Kota Kendari dan sekitarnya. Tak cuma penghobi tanaman bonsai saja, tapi juga semua pencinta tanaman hias.

Salah satu pengunjung, Yulianto  mengatakan, kontes bonsai ini jadi hiburan tersendiri. Baginya, melihat pameran bonsai jadi liburan yang murah dan mudah.

“Kebetulan saya pencinta tanaman hias. Mumpung ada event seperti ini, saya mau mampir sekaligus lihat-lihat tanaman bonsai yang dipamerkan,” ujar pria yang tinggal di Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Yulianto adalah satu di antara pengunjung yang menyempatkan diri hadir di kontes Bonsai tingkat nasional. Banyak yang menjadikan pergelaran ini sebagai sarana rekreasi sekaligus silahturahmi antar sesama pencinta tanaman hias. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga