Seluruh Rangkaian Tes Kesehatan Selesai, KPU Kendari: Besok Hasil Tes Bakal Diserahkan

Nur Fauzia, telisik indonesia
Minggu, 01 September 2024
0 dilihat
Seluruh Rangkaian Tes Kesehatan Selesai, KPU Kendari: Besok Hasil Tes Bakal Diserahkan
Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Shaleh, Direktur RSUD Kota Kendari Sukirman, dan Ketua Bawaslu Kota Kendari Sahinuddin usai menggelar pemeriksaan kesehatan terhadap bapaslon Wali Kota Kendari. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari telah melaksanakan tes pemeriksaan kesehatan kepada kelima bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota dan wakil wali di RSUD Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari telah melaksanakan tes pemeriksaan kesehatan kepada kelima bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota dan wakil wali di RSUD Kota Kendari, Minggu (1/9/2024).

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh menyampaikan, serangkaian pemeriksaan kesehatan semuanya sudah dilakukan berdasarkan PKPU nomor 1090 tahun 2024 yang diikuti oleh semua Bapaslon wali kota.

"Semua bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota telah menjalani proses pemeriksaan semua jenis yang disyaratkan KPU," ujarnya.

Baca Juga: Bapaslon Lukman Abunawas-La Ida Jalani Empat Tahap Psikotes, dari Gambar Pohon hingga Rumah

Kata dia, setelah tim dokter pemeriksa melakukan rapat pleno dan hasilnya diserahkan kepada KPU maka besok, Senin (2/9/2024), atau sesuai dengan ketentuan sehari setelah proses pemeriksaan akan diserahkan.

Setelah hasilnya diterima oleh KPU, sambung Jumwal, pihaknya akan memasukkan ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sebagai bagian dari proses syarat administrasi penetapan proses administrasi dan penetapan pasangan calon pada 22 September mendatang.

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman menyampaikan bahwa setelah pemeriksaan selesai hari ini, maka besok pagi pihaknya akan melakukan rapat pleno dan rapat pleno yang akan menentukan hasil pemeriksaan kesehatan seluruh bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari.

Baca Juga: Hasil Tes Kesehatan Calon Kepala Daerah Bakal Diumumkan 22 September Mendatang

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin, menyampaikan bahwa selaku pengawas pihaknya telah hadir sejak hari pertama pemeriksaan kesehatan sebagai syarat wajib yang harus dilewati oleh para Bapaslon.

Ada tiga hal yang ingin dipastikan oleh Bawaslu dalam pemeriksaan kesehatan ini, kata Sahinuddin, yang pertama Bawaslu ingin memastikan bahwa seluruh Bapaslon hadir dan melakukan pemeriksaan, yang kedua Bawaslu ingin memastikan semua bapaslon melewati semua jenis tes pemeriksaan, dan yang terakhir Bawaslu ingin memastikan semua Bapaslon diperlakukan secara adil dan setara.

"Berdasarkan pengawasan kami semua bakal calon hadir, kemudian mereka melewati semua rangkaian proses pemeriksaan dan kehadiran mereka di sini pun diperlakukan secara adil dan setara," pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga