Jelang Pemilu, Polres Muna Galang Ponpes Cegah Aksi Terorisme dan Radikalisme

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 25 Januari 2024
0 dilihat
Jelang Pemilu, Polres Muna Galang Ponpes Cegah Aksi Terorisme dan Radikalisme
Personel Sat Intelkam Polres Muna melakukan penggalangan di Ponpes. Foto: Sunaryo/Telisik

" Penggalangan terhadap ponpes dilakukan Polres Muna dalam rangka memberikan edukasi pencegahan aksi terorisme dan faham radikalisme yang dapat mengancam gangguan kamtibmas "

MUNA, TELISIK.ID - Menjelang hari H Pemilu 14 Februari 2024, Kepolisian Resor (Polres) Muna terus meningkatkan kegiatan kepolisian. Selain patroli, korps yang dipimpin AKBP Mulkaifin itu juga intens melakukan penggalangan terhadap pondok pesantren (ponpes).

Kali ini, Satuan Intelkam menyambangi Ponpes Tahfidzul Qur'an As Sunnah Putri yang dikelola oleh Yayasan Sekolah Islam Terpadu Ittiba’ul Atsar di Desa Parura Jaya, Kecamatan Tiworo, Kabupaten Muna Barat.

Kasat Intelkam Polres Muna, AKP Muhamad Syahrul Ramadhan melalui Katim, Aipda Sukir Soni menerangkan, penggalangan terhadap ponpes dilakukan dalam rangka memberikan edukasi pencegahan aksi terorisme dan faham radikalisme yang dapat mengancam gangguan kamtibmas negara, sehingga proses pemilu menjadi terganggu.

"Kami berharap dengan kegiatan penggalangan itu, ponpes dapat memerangi aksi terorisme dan radikalisme yang bisa mengganggu stabilitas keamanan negara," kata Sukir, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga: Simulasi Pemilu di Nambo, KPU Sebut Bagian Potensi Kerawanan dan Prediksi Blank Spot

Sukir menerangkan, upaya-upaya yang dapat dilakukan mencegah aksi terorisme dan radikalisme adalah dengan menanamkan jiwa nasionalisme dan tidak mudah terprovokasi.

Sementara itu, pengelola ponpes, Awaluddin Ramadhan, sangat mengapresiasi kinerja Polri, khusunya Polres Muna yang telah memberikan edukasi pencegahan terorisme dan radikalisme.

Baca Juga: KPU Buton Selatan Kembali Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Pihaknya pun akan terus menjalin kerja sama dengan Polres Muna guna mencegah munculnya aksi-aksi terorisme dan radikalisme yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban wilayah.

"Kami akan terus lakukan deteksi di lingkungan ponpes," kata Awaluddin. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga