Jemaah Salat Id Terganggu Aroma Menyengat Sampah Pasar Wameo

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Jemaah Salat Id Terganggu Aroma Menyengat Sampah Pasar Wameo
Masyarakat Wameo dan sekitarnya saat melaksanaakan ibadah salat Idul Adha 1444 H di pelataran Pasar Wameo Kota Baubau (kiri), dan sampah yang menyebarkan bau tak sedap (kanan). Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Ribuan masyarakat Kelurahan Wameo dan sekitarnya yang melaksanakan ibadah salat Idul Adha di pelataran Pasar Sentral Wameo, terganggu oleh aroma tidak sedap "

BAUBAU, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat Kelurahan Wameo dan sekitarnya melaksanakan ibadah salat Idul Adha di pelataran lapangan Pasar Sentral Wameo, Kamis (29/6/2023). Sayangnya, antusias dan kegembiraan jemaah terganggu oleh aroma tidak sedap.

Meskipun upaya pembersihan sampah sudah dilakukan sehari sebelumnya, aroma yang tidak menyenangkan masih tersisa. Salah seorang masyarakat yang bermukim di sekitar Pasar Wameo mengatakan, sudah ada upaya pembersihan dari Dinas Kebersihan Kota Baubau dan pihak Masjid Al- Muqorobbin selaku panitia pelaksanaan salat Idul Adha 1444 H.

“Sudah dibersihkan dari kemarin, tapi namanya sisa sampah pasti masih ada baunya dan memang bagian situ jadi tempat pembuangan sampah sementara,” ucap Lina, penduduk yang bermukim di sekitar Pasar Wameo.

Diketahui, pelataran Pasar Sentral Wameo sudah menjadi tempat pelaksanaan ibadah salat Id sejak lama. Beberapa jemaah mengungkapkan bahwa aroma tak sedap tersebut mungkin berasal dari sisa sampah.

Baca Juga: Jadi Khatib Salat Idul Adha di Lapangan Balai Kota Kendari, Ini Pesan Wakil Gubernur

“Dari tahun sebelumnya sudah sering salat di lapangan Pasar Wameo ini karena dekat dari rumah juga. Tapi untuk permasalahan sampah setau saya sudah ada petugas khususnya yang angkut sampah biasanya pas malam,” pungkas Arfia, salah seorang jemaah salat Idul Adha.

Jemaah lainnya, Irman, turut menyayangkan aroma menyengat saat salat Id.

 Baca Juga: Ribuan Warga Kendari Salat Idul Adha 1444 H Hari Ini

“Dari pas datang tadi sudah tercium aroma sampah, ternyata benar masih ada sampah yang belum diangkut, atau mungkin sampah yang baru dibuang oleh warga tadi pagi,” ujar Irman.

Ia mengatakan, masyarakat sebaiknya tidak membuang sampah di pagi hari menjelang pelaksanaan salat Id. Agar jemaah tidak terganggu dengan aroma sampah saat melaksanakan salat. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga