Angin Kencang Tumbangkan Tiang Listrik di Konawe Selatan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 26 Desember 2022
0 dilihat
Angin Kencang Tumbangkan Tiang Listrik di Konawe Selatan
Cuaca ekstrem beberapa hari ini melanda Kabupaten Konawe Selatan, menuntut masyarakat agar ekstra waspada dengan menghindari tempat-tempat yang berbahaya. Foto: BPBD Konawe Selatan

" Angin kencang yang melanda sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Sulawesi Tenggara, juga turut dirasakan dampaknya di Kabupaten Konawe Selatan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Cuaca buruk berupa angin kencang yang melanda sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Sulawesi Tenggara, juga turut dirasakan dampaknya di Kabupaten Konawe Selatan.

Senin (26/12/2022) sekitar pukul 06.00 Wita, hari ini, di ruas jalan antara pegunungan Abari, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan, dua buah tiang listrik jatuh dan patah.

Akibatnya, kabel listrik yang menjuntai sepanjang pinggir jalan rebah di tengah jalan. Selain itu, sebuah pohon berukuran besar juga tumbang dan menutupi jalan di pegunungan tersebut. Dampaknya, di ruas jalan tersebut kemacetan tak dapat dihindari. Tak lama berselang, petugas lalu lintas dari Satlantas Polres Konawe Selatan bersama petugas dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) terdekat tiba di lokasi.

Mereka berupaya memotong batang pohon yang melintang di tengah jalan, dan memindahkan tiang listik yang telah terbelah menjadi dua bagian besar. Kepala BPBD Konawe Selatan, Asruddin, A.M. yang kebetulan berada di lokasi dan terjebak macet mengabarkan, kondisi rubuh dan patahnya tiang listrik dan pohon dikarenakan angin kencang, akibat cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Kabupaten Konawe Selatan.

Baca Juga: Menkominfo Natal di Kampung Halaman Reok Nusa Tenggara Timur, Umat Sampaikan Harapan

“Kami menduga, sepertinya tiang yang patah dikarenakan pohon yang duluan tumbang akibat angin kencang. Kabel listrik yang berada dekatnya, ditimpa, dan membuat kedua tiang listrik jatuh dan patah," ungkap Asruddin.

Sejurus kemudian, mantan sekretaris Bappeda ini melalui pesan grup di media sosial, mengabarkan kepada sesama koleganya sesama ASN agar berhati-hati, saat melintas di area pegunungan Wolasi. Mengingat di pagi hari tersebut, banyak pegawai yang bersiap berkantor melewati jalur tersebut.

Di lain pihak, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Harsam Nur menuturkan, saat melewati jalur tersebut dengan mengendarai kendaraan roda empat, dirinya harus ekstra hati-hati, mengingat selain tertutup, kondisi ruas jalan juga dalam keadaan licin. Usai sebelumnya diguyur hujan.

Baca Juga: Muna Barat Butuh Kepemimpinan Bahri

“Berbahaya sekali. Beruntung saya tidak dalam keadaan jalan cepat,“ ujarnya.

Kondisi lain diungkapkan Hamka, salah seorang pengendara motor. Saat melewati jalur itu, ASN ini hampir terjatuh karena ban slip. Untungnya masih sigap mempertahankan stir motornya hingga tidak terjatuh.

“Saya terlalu fokus perhatikan tiang dan pohon yang jatuh, sa tidak lihat kalau ada kabel listrik yang melintang di tengah jalan. Licin saat terinjak kabel itu,“ tukasnya. (A)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga