Jembatan Penghubung Konawe dan Konawe Selatan Rusak, Butuh Perhatian Pemprov

Hermawan Rahman, telisik indonesia
Jumat, 14 Oktober 2022
0 dilihat
Jembatan Penghubung Konawe dan Konawe Selatan Rusak, Butuh Perhatian Pemprov
Kondisi jembatan penghubung Kabupaten Konawe-Konawe Selatan yang nampak rusak dan memprihatinkan. Foto: Hermawan Rahman/Telisik.

" Kondisi jembatan yang menjadi penghubung antara Kabupaten Konawe menuju Kabupaten Konawe Selatan, butuh perhatian serius Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kondisi jembatan yang menjadi penghubung antara Kabupaten Konawe menuju Kabupaten Konawe Selatan, butuh perhatian serius Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Betapa tidak, jembatan yang berlokasi di Desa Tunduno, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan itu, diketahui dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan, gegara landasannya yang hanya terbuat dari kayu mulai lapuk dan rusak.

Ikal (35), seorang pengguna jalan yang sempat melintas, mengaku sangat prihatin dengan kondisi jembatan tersebut. Kata dia, sudah saatnya pemerintah provinsi memperbaikinya.

Baca Juga: Ancam Wartawan, Wakil Ketua DPRD Buton Utara Kecam Kepala BKPSDM

"Kondisinya memprihatinkan sekali, kita itu waspada kalau lagi lewat di sini, apalagi kalau baru selesai turun hujan. Semoga secepatnya Pemprov benahi ini," tuturnya, Jumat (14/10/2022).

Kepala Desa Tunduno, Subhan meminta, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dapat mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jembatan yang sudah tak layak pakai itu.

"Jembatan itu menjadi penghubung satu-satunya Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan. Dengan kondisi seperti itu, sudah seharusnya Pemprov mengalokasikan anggaran untuk perbaikan," tutur Subhan.

Apalagi dirinya sangat khawatir, sebab hampir setiap harinya ada kendaraan bermuatan besar yang lalu-lalang.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Bentuk Tim Pengawas Distribusi Migas

"Mobil-mobil tambang yang 10 roda juga 12 roda itu setiap hari melintas di jembatan itu, ditakutkan jangan sampai di saat mereka lewat terus roboh. Intinya jembatan itu mengancam jiwa pengguna, harapan terakhir kami hanya kepada pemerintah, semoga ada upaya untuk tindaklanjuti keluhan kami," tutupnya.

Pantauan Telisik.id, selain kondisi jembatan yang memprihatinkan, area jalanannya juga terlihat membahayakan pengguna jalan apabila musim hujan tiba. (B)

Penulis: Hermawan Rahman

Editor: Kardin

Baca Juga