Jin Khodam, Film Horor Terbaru yang Dipuji Kritikus

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
Jin Khodam, Film Horor Terbaru yang Dipuji Kritikus
Salah satu scene dalam film Jin Khodam yang memperlihatkan warga menyerang Bagas. Foto: Teater.co

" Setelah kita dihibur dengan film-film horor lokal seperti Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, penikmat film Indonesia kembali dihibur dengan film horor terbaru, Jin Khodam "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah kita dihibur dengan film-film horor lokal seperti Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, penikmat film Indonesia kembali dihibur dengan film horor terbaru, Jin Khodam.

Bercerita tentang Bagas yang kembali ke kampung halamannya setelah belajar di pondok pesantren. Di sana ia berniat menghidupkan kembali kegiatan keagamaan serta meluruskan kembali norma sosial yang sudah hilang di kampungnya.

Namun usaha Bagas mendapati kecaman dari salah satu warga yaitu Wirya, pengusaha kaya di kampungnya. Pertikaian Bagas dan Wirya kemudian memunculkan hal-hal mistis yang membangun jalan cerita dalam film ini.

Baca Juga: Kajiman, Film Horor Indonesia yang Bersaing dengan Film Luar di Bioskop

Jika melihat mitosnya, Jin khodam masuk ke dalam kategori jin yang baik. Tidak semua orang memiliki khodam pendamping. Konon karena khodam pendamping tersebut hanya akan mengikuti orang yang rajin beribadah, berdoa, rajin berpuasa, melakukan amalan-amalan tertentu.

Premis tersebut kemudian berhasil diangkat oleh sutradara Dedy Mercy dan Tema Patrosza ke dalam sebuah film yang bisa dikatakan film horor bernuansa fresh.

Film ini menghadirkan kisah horor yang fokus pada penceritaan yang minim Jumpscares (elemen kejutan). Dalam satu jam awal film, penulis skenario betul-betul membangun cerita hingga menuju babak ketiga film barulah ketegangan horor mulai dibangun oleh sang sutradara.

Karena membangun kisah horor bernuansa religi, Jin Khodam turut berhasil menambahkan unsur religi yang terbilang hati-hati dan tidak menyingung pihak manapun.

Film horor dengan unsur yang berfokus pada jalan cerita ini kemudian membawa banyak pujian dari kritikus film. Meski begitu, di mata penonton film ini menimbulkan pro kontra, ada yang suka dan ada yang tidak. Salah satu penonton yang menyukai film ini adalah Rina.

"Bagus, tidak bikin kaget-kaget jadi enak nontonnya, pesan-pesannya juga dapat," tuturnya pada Telisik.id, Selasa (30/5/2023).

Sementara itu penonton yang tidak menyukainya adalah Hesti yang menurutnya film ini membosankan.

Baca Juga: Hati Suhita, Film Religi di Antara Film-Film Horor

"Bosan, kalau kita nonton, agak lama baru terasa ngerinya," ungkap wanita berbaju cokelat muda tersebut.

Film Jin Khodam sendiri tayang di dua Bioskop di Kota Kendari, yaitu Cinepolis Lippo Plaza Kendari dan Hollywood Square Kendari, yang mana berdasarkan wawancara Telisik.id film tersebut akan tayang hingga akhir Mei nanti.

"Masih akan tayang mungkin sampai Mei habis, karena ada beberapa film baru mau tayang," ungkap Ana, pegawai Cinepolis Lippo Plaza Kendari. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga