Jokowi Resmikan Akses Jalan Menuju KEK Golo Mori Nusa Tenggara Timur

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 14 Maret 2023
0 dilihat
Jokowi Resmikan Akses Jalan Menuju KEK Golo Mori Nusa Tenggara Timur
Presiden Jokowi memantau akses jalan menuju kawasan ekonomi khusus Golo Mori tepatnya di KM 16 Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto: Ist.

" Presiden RI Joko Widodo meresmikan salah satu akses jalan dari Labuan Bajo menuju Golo Mori, Selasa (14/3/2023) "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Presiden RI Joko Widodo meresmikan salah satu akses jalan dari Labuan Bajo menuju Golo Mori, Selasa (14/3/2023). Jalan itu menjadi akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Pagi hari ini kita melihat bahwa jalan dari Labuan Bajo ke Golo Mori telah selesai, ini akan memperbaiki konektivitas dalam rangka mengembangkan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas," kata Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Jalan Bajo-Golo Mori di KM 16, Labuan Bajo.

Ia mengatakan, akses jalan dari Labuan Bajo menuju KEK Golo Mori ini dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan anggaran Rp 481 miliar.

"Jalan ini panjangnya 25 km dikerjakan pakai APBN. Ke depan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan Labuan Bajo menjadi lebih baik," kata Jokowi.

Sementara itu Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X NTT Agustinus Juniarto menjelaskan, dengan diresmikannya jalan akses tersebut, waktu tempuh dari Labuan Bajo menuju Golo Mori dapat dipangkas.

"Sebelumnya, kalau dari Labuan Bajo sampai dengan Golo Mori itu kita menempuh waktu kurang lebih dua sampai tiga jam, kalau sekarang hanya 30 menit," kata Agustinus.

Ia juga mengatakan, di sepanjang jalan tersebut dibangun empat buah jembatan dengan total panjang 175 meter.

Baca Juga: Jokowi Terbang ke Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur Tinjau Persiapan ASEAN SUMMIT

Empat jembatan itu adalah Jembatan Naganae, Jembatan Wae Mburak, Jembatan Wae Kenari, dan Jembatan Soknar.

Untuk diketahui, kegiatan peresmian ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Presiden Joko Widodo di Labuan Bajo usai meninjau langsung persiapan pelaksanaan ASEAN SUMMIT bulan Mei 2023 mendatang.

Ia berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Senin (13/3/2023) kemarin.

Kedatangan presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Mereka turun di Bandara Udara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat pada Senin sore sekitar pukul 17.00 Wita dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1

Turut hadir menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat, Kapolda, Irjen Pol Johni Asadoma, Komandan Korem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Fabriel Buyung Sikumbang dan Komandan Lanud El Tari Kupang, Marsma TNI Aldrin P Mongan, Ketua TP PKK Nusa Tenggara Timur Julie Sutrisno Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Edistasius Edi.  

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pricila Parera menjelaskan, kedatangan Presiden Jokowi di Labuan Bajo merupakan kunjungan kerjanya untuk meninjau dan mengecek langsung kesiapan venue KTT ASEAN Summith ke-42 Tahun 2023 pada Mei mendatang.

"Sesuai jadwal sementara yang kami peroleh, Presiden Jokowi memiliki agenda selama dua hari di Labuan Bajo, yakni13-14 Maret 2023," kata Pricila.

Baca Juga: Masyarakat Labuan Bajo Diminta Jaga Tiga Hal Ini Jelang KTT ASEAN SUMMIT

Setibanya di Bandara Komodo, Presiden Jokowi langsung akan meninjau fasilitas di Bandara tersebut. Dari Bandara, Presiden Jokowi bersama rombongan akan bergerak menuju kawasan Puncak Waringin untuk meninjau calon Spot Spouse Program.

Setelah itu, presiden langsung menuju untuk meninjau Ayana Waecicu Beach dan dilanjutkan ke Hotel Meruorah untuk beristirahat dalam persiapan rangkaian kunjungan kerja pada keesokan harinya.

Selanjutnya pada Selasa, 14 maret 2023, presiden dijadwalkan akan meninjau tempat (venue) pelaksanaan KTT ASEAN Summit 2023 di Meruorah, setelah itu dilanjutkan ke Km 16 jalan lintas Bajo-Golo Mori untuk meresmikan proyek jalan yang menghubungkan Labuan Bajo menuju kawasan MICE (meeting, incentive, convention, & exhibition) Tanah Mori.

Usai meninjau venue KTT ASEAN Summit serta meresmikan proyek jalan lintas Bajo-Golo Mori, Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Plataran Komodo. Setelah itu, tepat pukul 14.00 Wita, presiden bersama Ibu Negara beserta rombongan langsung menuju ke Bandara Komodo untuk terbang kembali ke Jakarta. (A)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga